Rabu 22 Jun 2022 18:58 WIB

Honda Mulai Bangun Pabrik Baru untuk Mobil Listrik di China

Pabrik baru Honda menelan investasi Rp 7,7 triliun.

Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi Mobil Listrik
Foto: Foto : MgRol_94
Ilustrasi Mobil Listrik

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Honda Motor China Investment mengumumkan bahwa GAC Honda Automobile telah memulai proses pembangunan pabrik baru untuk memproduksi kendaraan listrik. Pabrik baru GAC Honda yang berdiri di atas lahan seluas 400 ribu meter persegi itu berlokasi di Distrik Guangzhou Economic and Technological Development, Provinsi Guangdong, China.

Pabrik baru GAC Honda yang memakan dana investasi 3,49 miliar RMB atau Rp 7,7 triliun. Pabrik diharapkan bisa selesai pada 2024 dengan total produksi sebanyak 120.000 unit mobil setiap tahun.

Baca Juga

Honda juga menyampaikan akan meluncurkan 10 kendaraan berbasis listrik, yaitu e: N Series pada tahun 2027. Model-model tersebut akan diproduksi di pabrik GAC Honda dan di Dongfeng Honda.

Jika kedua pabrik tersebut beroperasi mulai tahun 2024, Honda memproyeksikan total kumulatif kapasitas produksi dari kedua pabrik tersebut dapat mencapai 1,73 juta unit per tahunnya. GAC Honda Automobile sudah berdiri sejak Juli 1998 dengan nilai total investasi sebesar 541 juta dolar AS dan kepemilikan sebesar 40 persen dari Honda Motor Co, kemudian 10 persen Honda Motor (China) Investment dan 50 persen Guangzhou Automobile Group (GAC Group).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement