Kamis 23 Jun 2022 06:06 WIB

Erick Thohir Bertemu Haedar Nashir Bicarakan Pikiran Buya Syafii

Haedar memastikan, pertemuan itu tidak ada pembicaraan yang menyinggung Pemilu 2024.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berziarah di makam eks ketua umum PP Muhammad Buya Ahmad Syafii Maarif.
Foto: @erickthohir
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berziarah di makam eks ketua umum PP Muhammad Buya Ahmad Syafii Maarif.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menemui Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Prof Haedar Nashir di kantor PP Muhammadiyah, Kota Yogyakarta, Rabu (22/6/2022). Erick bertemu dengan Haedar untuk bersilaturahim sekaligus membicarakan pemikiran eks ketua umum PP Muhammad Buya Ahmad Syafii Maarif.

"Ngobrol-ngobrol tentang melanjutkan pikiran-pikiran Buya (Syafii Maarif) yang inklusif dan berempati pada Islam kebangsaan," ujar Haedar seusai bertemu Menteri Erick, Rabu.

Menurut dia, perjuangan dan buah pikiran Buya Syafii amat penting dilanjutkan guna merawat keindonesiaan. "Bagi kami yang masih melanjutkan perjuangan ini agar bisa merawat keIndonesiaan, keislaman yang inklusif, dan membangun Indonesia ini menjadi lebih baik," tutur Haedar.

Baca: Viral Shopee Larang Penjual Jam Dinding Kaligrafi Bertuliskan Tauhid

Haedar memastikan dalam pertemuan itu tidak ada pembicaraan yang menyinggung ihwal kontestasi politik pada Pemilu 2024. "Kami tidak bicara yang bersifat 2024 dan jujur kami hanya ngobrol-ngobrol soal Buya dan peninggalan Buya untuk melanjutkan pembangunan Madrasah Muallimin," kata guru besar universitas Muhammadiyah Yogyakarta itu.

Selain membahas Buya Syafii, menurut Haedar, Menteri Erick sempat membahas mengenai sejumlah program pemberdayaan ekonomi yang dapat dikerjasamakan dengan PP Muhammadiyah. Karena belum sempat mengunjungi makam Buya Syafii di Taman Makam Husnul Khotimah, Kabupaten Kulon Progo, menurut dia, dalam kesempatan itu Erick sekaligus meminta izin kepadanya untuk berziarah.

"Saya selaku wakil keluarga besar Muhammadiyah, maka beliau lalu silaturahim kepada saya untuk meminta izin ziarah," kata Haedar.

Baca: Perkenalkan MieMu, Mi tanpa MSG Produksi Pengurus Muhammadiyah

Dia pun berterima kasih bahwa hingga kini para tokoh bangsa, pemerintahan, maupun di luar pemerintahan menaruh perhatian dan takziah ke makam Buya Syafii Maarif. "Beberapa pekan yang lalu ada sahabat kami Said Aqil Siroj (mantan Ketua Umum PBNU) yang ziarah ke makam. Jadi semuanya membicarakan tentang bagaimana kita menyerap pikiran-pikiran Buya," ujar Haedar.

Seusai menemui Haedar, Menteri Erick nggan memberikan keterangan kepada awak media terkait pertemuan itu. Dia langsung menuju mobil untuk melanjutkan kegiatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement