Kamis 23 Jun 2022 20:31 WIB

Peran PAUD di Depok dalam Turunkan Stunting Diharapkan Bisa Optimal

Peran PAUD di Depok dalam Turunkan Stunting Diharapkan Bisa Optimal

Rep: Rusdi Nurdiansyah/ Red: Muhammad Hafil
 Peran PAUD di Depok dalam Turunkan Stunting Diharapkan Bisa Optimal. Foto:  Upaya mencegah stunting (ilustrasi)
Foto: Kemenkominfo
Peran PAUD di Depok dalam Turunkan Stunting Diharapkan Bisa Optimal. Foto: Upaya mencegah stunting (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,DEPOK--Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok menggelar bimbingan teknis (Bimtek) Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Berlangsung selama dua hari yaitu 23-24 Juni, kegiatan tersebut dalam rangka penguatan, pencegahan dan penurunan stunting melalui peran PAUD serta implementasi kurikulum merdeka belajar.

"Stunting dihubungkan dengan kurikulum merdeka belajar, kalau di dunia PAUD semua itu saling berkaitan, karena PAUD adalah pendidik yang pertama sebelum jenjang pendidikan yang lain, namun tetap pendidikan yang utama adalah di keluarga," ujar Kepala Seksi Pembinaan PAUD, Disdik Kota Depok, Eni Prihatini di Balai Kota Depok, Kamis (23/06/2022).

Baca Juga

Menurut Eni, kurikulum merdeka belajar merupakan kurikulum pemulihan. Yaitu pemulihan dari masa pandemi Covid-19, dimana pada dunia pendidikan mengalami learning loss atau hilangnya pengetahuan dan keterampilan secara akademis.

"Termasuk sekarang ini kita sedang gencar-gencarnya penurunan stunting. Jadi, yang disehatkan bukan hanya akal dan pikirannya, namun juga gizi dan pertumbuhan anak didik kita," terangnya.

Lanjut Eni, oleh karenanya, lembaga PAUD harus dioptimalkan perannya. Selama ini, imbuhnya, konsentrasi pada pembelajaran di kelas saja, sekarang perlu optimalisasi dengan meningkatkan sinergi bersama.

"Dengan Posyandu, kemudian dengan lintas sektoral yang lain dalam rangka mewujudkan Holistik Integratif (HI)," pungkasnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement