Sabtu 25 Jun 2022 03:44 WIB

Mentan SYL Dorong Varietas Unggul untuk Tingkatkan Produksi Padi Nasional

Benih padi memegang peran penting dalam meningkatkan produktivitas beras

Red: Christiyaningsih
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) mendorong peningkatan kualitas varietas benih padi unggul untuk meningkatkan produksi beras nasional.
Foto: Kementan
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) mendorong peningkatan kualitas varietas benih padi unggul untuk meningkatkan produksi beras nasional.

REPUBLIKA.CO.ID, SUBANG - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) mendorong peningkatan kualitas varietas benih padi unggul untuk meningkatkan produksi beras nasional. Pasalnya, benih padi memegang peran penting dalam meningkatkan produktivitas beras sebagai salah satu pangan pokok strategis di Indonesia dan mendukung ekspor beras.

"Tanpa benih varietas unggul, kita tidak akan bisa surplus beras seperti yang kita bisa rasakan saat ini sehingga tidak perlu impor beras lagi. Jadi peningkatan produktivitas beras harus jadi tantangan kita bersama karena beras sangat penting bagi kehidupan Bangsa," ucap Mentan SYL dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Lingkup Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian yang dilanjutkan panen padi Inpara 8 di Balai Besar Penelitian Tanaman Padi (BB Padi) Sukamandi, Subang, Jumat (24/6/2022).

Baca Juga

SYL mengatakan sesuai data produktivitas padi Indonesia menduduki urutan kedua dari 9 negara- negara FAO di Benua Asia. Urutannya yakni Vietnam, Indonesia, Bangladesh, Filipina, India, Pakistan, Myanmar, Kamboja, dan Thailand. 

"Dulu kalau pakai varietas Silugonggo hanya menghasilkan dua sampai tiga ton per hektare. Saat ini sudah ada varietas baru seperti Ciherang, Inpari, dan lainnya, sudah diperkenalkan jadi produktivitas petani makin naik, stok beras kita pun naik," ujarnya.

"Namun saya tidak bisa terima kalau produktivitas padi hanya 5,2 ton per hektar. Jadi ini harus ditingkatkan lagi," kata Mentan SYL.

Oleh karena itu, mantan gubernur Sulsel dua periode ini meminta jajarannya untuk meninjau benih padi, irigasi, sistem pemupukan, hingga pascapanen serta melakukan berbagai upaya agar produksi padi mulai dari hulu hingga hilir bisa lebih efisien. Selanjutnya loses-nya pun berkurang dan hasil yang diperoleh menjadi lebih baik dan memberi keuntungan yang tinggi.

"Ini irigasi makin bagus, varietas makin bagus, dan makin banyak. Kalau begitu di tahap mana yang perlu kita perbaiki lagi. Kantor ini otak dari pertanian. Saya berharap ini dipertahankan hasil-hasil yang luar biasa yang sudah dihasilkan dapat dan disampaikan juga ke masyarakat. Kita sudah enak makan beras dan swasembada jadi kita harus hargai kantor ini ya," kata SYL.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement