Sabtu 25 Jun 2022 16:26 WIB

Cara Manfaatkan Medsos untuk Publikasi Kegiatan Karang Taruna

Peran media sosial di tengah masyarakat pada era teknologi dan era keterbukaan

Red: Gita Amanda
Universitas (BSI) mengadakan kegiatan pelatihan desain grafis untuk media sosial kepada Karang Taruna RT 004 RW 010 Kelurahan Kampung Tengah, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur.
Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
Universitas (BSI) mengadakan kegiatan pelatihan desain grafis untuk media sosial kepada Karang Taruna RT 004 RW 010 Kelurahan Kampung Tengah, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peran media sosial di tengah masyarakat pada era teknologi dan era keterbukaan saat ini sangatlah penting. Menurut dataindonesia.id, pengguna media sosial di Indonesia pada tahun 2022 mencapai 191 juta pengguna. 

Dari data tersebut menunjukkan bahwa pengaruh dan peran media sosial di Indonesia sangat tinggi, mengingat penggunanya lebih dari setengah populasi masyarakat Indonesia.

Baca Juga

Atas dasar itulah, Universitas (BSI) mengadakan kegiatan pelatihan desain grafis untuk media sosial kepada Karang Taruna RT 004 RW 010 Kelurahan Kampung Tengah, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur. Kegiatan ini juga sebagai Pengabdian Masyarakat (PM) sebagai seorang dosen, yang digelar di TK Islam Al-Mawadah.

Khairul Rizal, selaku Ketua Pelaksana PM mengatakan, tujuan membuat pelatihan tentang desain grafis dapat membantu untuk publikasi dari kegiatan-kegiatan Karang Taruna RT 004 RW 010 Kampung Tengah, agar terpublikasi dengan tampilan yang menarik.

“Setiap kegiatan membutuhkan publikasi. Dalam publikasi harus dikemas dengan rapi dan tampilan yang menarik, agar pesan yang disampaikan bisa mendapatkan respon baik,” kata Rizal, dalam keterangan tertulis, Sabtu (25/6/2022).

Bertindak sebagai narasumber Nur Alam, serta dibantu oleh anggota lain, Amir dan Yuris yang semuanya merupakan dosen Universitas BSI.

Dalam materinya, Nur Alam menyampaikan tentang bagaimana cara mudah membuat desain grafis menggunakan aplikasi Canva. Ia menjelaskan, aplikasi Canva ini bisa digunakan secara gratis, dan cukup mengunduhnya Playstore atau dapat membukanya pada laman websitenya. 

Ia juga mempraktikkan langsung dan mencontohkan pembuatan desain Flyer untuk merayakan HUT RI 17 Agustus yang dapat digunakan pada platform media sosial seperti Instagram, Facebook dan lain-lain.

“Materi ini kami sampaikan agar Karang Taruna dapat lebih kreatif dalam menyajikan konten media sosial. Sehingga dapat menarik minat dan atensi positif dari masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu, Ferriansyah, selaku Ketua Karang Taruna RT 004 RW 010 menuturkan, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para pemuda di kalangan Karang Taruna yang ia pimpin itu.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk para pemuda Karang Taruna yang saya ketuai. Saya harap mereka dapat lebih aktif di media sosialnya khususnya Instagram. Hal ini tidak lain agar mendapat pandangan positif dari masyarakat,” tegasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement