Ahad 26 Jun 2022 12:24 WIB

Santri Nurul Fikri Gelar Kegiatan Voluntary Hours

Selain melakukan aktivitas di masyarakat juga membagikan paket hadiah

Red: Hiru Muhammad
Pasca kegiatan penilaian akhir tahun, santri Nurul Fikri Boarding School Bogor melaksanakan kegiatan Voluntary Hours (VH). Kegiatan yang merupakan bagian dari program Bina Pribadi Islam (BPI) mengusung tema,
Foto: istimewa
Pasca kegiatan penilaian akhir tahun, santri Nurul Fikri Boarding School Bogor melaksanakan kegiatan Voluntary Hours (VH). Kegiatan yang merupakan bagian dari program Bina Pribadi Islam (BPI) mengusung tema, "Meraih Simpati, Melatih Empati, Mengajar untuk Negeri".

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Pasca kegiatan penilaian akhir tahun, santri Nurul Fikri Boarding School Bogor melaksanakan kegiatan Voluntary Hours (VH). Kegiatan yang merupakan bagian dari program Bina Pribadi Islam (BPI) mengusung tema, "Meraih Simpati, Melatih Empati, Mengajar untuk Negeri".

Dalam kegiatan ini, seluruh santri SMPIT dan SMAIT dibagi menjadi 57 kelompok dan disebar ke beberapa lokasi masjid, TPA, TK dan SD di sekitar. Sebelum terjun ke masyarakat, setiap kelompok membuat proposal kegiatan yang berisi rencana kegiatan yang akan dilakukan sesuai dengan kreativitas masing-masing kelompok.

Baca Juga

Sebagian besar kelompok memilih melakukan aktivitas mengajar, story telling, lomba mewarnai, lomba memasak, dan olahraga bersama. Selain itu, ada pula kelompok yang terjun ke masjid dan melakukan kegiatan bebersih masjid.

Selain melakukan aktivitas di masyarakat, santri juga membagikan paket hadiah untuk anak-anak, memberikan santunan untuk masjid dan anak-anak, dan menyumbangkan perlengkapan seperti meja kecil, alat kebersihan, dan alat bermain. Kegiatan yang bertujuan untuk menumbuhkan rasa empati, kesadaran, tanggung jawab, gotong royong, serta sikap peduli santri ini disambut antusias oleh masyarakat sekitar.

Beberapa lembaga yang menjadi sasaran kegiatan ini antara lain PAUD Cempaka, PAUDQU Al Khoery, PAUD Siliwangi Tanjung, PAUD Mawar 02, TPQ Al Azzam, KB Tadika, PAUD Al Jauziyyah, SMPIT Al Muttaqien, SDIT Uswatun Hasanah, RA & TPQ As Syifa, Diniyyah Nurul Qu’ran, PAUD Nur Barakah, PAUDQU & TPQ An Nur dan KBM Taman Bermain Bu Ika, TPA dan masjid di sekitar Tamansari.

"Harapan kami, projek sosial ini akan terus ditumbuhkembangkan pada santri-santri NFBS Bogor dengan kesadaran penuh bahwa ini adalah kegiatan amal yang akan memberi dampak luar biasa untuk mereka, " kata Ismail, guru pendamping BPI santri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement