Selasa 28 Jun 2022 02:49 WIB

Persis Akhiri Piala Presiden tanpa Poin pada Laga Terakhir

Persis dikalahkan Persita Tangerang 0-1 pada laga terakhir Grup A Piala Presiden 2022

Red: Israr Itah
Pesepak bola Persis Solo Fabiano Da Rosa Beltrame (kedua kanan) berebut bola dengan pesepak bola Persita Tangerang Abu Rizal Maulana (kiri) pada pertandingan grup A Piala Presiden 2022 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Senin (27/6/2022). Persita Tangerang menang atas Persis Solo dengan skor 1-0.
Foto: ANTARA/Mohammad Ayudha
Pesepak bola Persis Solo Fabiano Da Rosa Beltrame (kedua kanan) berebut bola dengan pesepak bola Persita Tangerang Abu Rizal Maulana (kiri) pada pertandingan grup A Piala Presiden 2022 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Senin (27/6/2022). Persita Tangerang menang atas Persis Solo dengan skor 1-0.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Persis belum mampu meraih poin penuh pada laga terakhir penyisihan babak Grup A Piala Presiden 2022 setelah dikalahkan Persita Tangerang 0-1 di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Senin (27/6/2022). Selain gagal lolos, Laskar Sambernyawa juga finis di dasar klasemen dengan nilai dua.

Persis yang menghadapi Persita dengan dukungan ribuan suporternya menggebrak pada menit awal babak pertama. Tim asuhan Jacksen F Tiago mengambil inisiatif serangan menekan pertahanan lawan untuk bisa meraih poin penuh pada laga terakhir babak penyisihan Grup A ini. Fabiano Beltrame dan kawan-kawan berhasil mengusai permainan hingga 15 menit babak pertama. 

Baca Juga

Namun, Persita yang mengandalkan strategi serangan balik cepat justru sering merepotkan pertahanan Persis. Tuan rumah bahkan kebobolan duluan pada menit ke-45 melalui tendangan Elisa Yahya Basna. Ia berhasil melewati satu pemain belakang Persis dan langsung menyambar bola untuk menciptakan gol.

Persis mendapat peluang emas terjadi pada injury time melalui tendangan Gerard Artigas, tetapi sayang bola di depan gawang Persita tepat di pelukan kiper Dhika Bayangkara. 

Memasuki babak kedua, Persis terus melancarkan tekanan, baik melalui Gerard Artigas dan Samsul Arif, tetapi belum mampu membuahkan gol untuk timnya. Persis mendapat peluang emas untuk menyamakan kedudukan pada menit 50 ketika pemain belakang Persita tangannya menyentuh bola di dalam kotak penalti. Namun, sayang Samsul Arif yang mengambil eksekusi tendangan Penalti gagal dan bola membentur gawang Persita sehingga kedudukan tetap 0-1.

Pada menit ke-71. Laskar Sambernyawa mendapat peluang kedua untuk menyamakan kedudukan dari tendangan kaki Alexis Messidoro, tetapi bola meluncur ke samping gawang Persita. Skor tetap bertahan hingga laga usai.

Meskipun berhasil mengalahkan Persis, Pendekar Cisadane tetap tidak lolos ke babak selanjutnya karena mengumpulkan nilai hanya enam poin, di bawah PSS tujuh poin, dan PSIS 10 poin di Grup A. Sementara Persis berada di dasar klasemen karena kalah dalam produktivitas gol dari Dewa United yang juga mengoleksi nilai dua.

Pelatih Persita Angel Alfredo Vera usai pertandingan mengatakan timnya pada babak pertama memiliki banyak peluang, tetapi belum efektif sehingga hanya membuahkan satu gol ke gawang Persis. Ia suka dengan penampilan yang ditunjukkan timnya pada laga ini meskipun sudah pasti tidak lolos ke babak selanjutnya.

"Saya apresiasi permainan pemain dengan hasil kemenangan," kata Alfredo.

Sementara Jacksen mengatakan hasil melawan Persita sangat mengecewakan. Ia akan melakukan evaluasi terutama di lini depan yang belum bisa membuahkan gol untuk timnya. "Kami ada sorotan terutama di lini depan untuk evaluasi ke depan persiapan kompetisi," katanya.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement