Selasa 28 Jun 2022 13:21 WIB

Kuliner Indonesia Dipromosikan pada ASEAN Bazaar di Buenos Aires

Promosi ini agar masakan Indonesia semakin banyak dikenal.

Rep: ANTARA/ Red: Fuji Pratiwi
Keripik tempe (ilustrasi). Kedutaan Besar RI di Buenos Aires mempromosikan kuliner Indonesia kepada masyarakat Argentina melalui kegiatan
Foto: Antara/Syifa Yulinnas
Keripik tempe (ilustrasi). Kedutaan Besar RI di Buenos Aires mempromosikan kuliner Indonesia kepada masyarakat Argentina melalui kegiatan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kedutaan Besar RI di Buenos Aires mempromosikan kuliner Indonesia kepada masyarakat Argentina melalui kegiatan "Indonesia Spice Up the World" pada acara ASEAN Bazaar di Plaza Barrancas de Belgrano.

Ribuan orang yang memadati Plaza Barrancas de Belgrano, Buenos Aires, mendapat kesempatan untuk mencicipi masakan khas Indonesia dan menyaksikan pertunjukan angklung, menurut keterangan KBRI Buenos Aires yang diterima di Jakarta, Selasa (28/6/2022).

Baca Juga

Duta Besar RI untuk Argentina Niniek K Naryatie mengatakan, promosi kuliner di Argentina itu bertujuan untuk meningkatkan permintaan produk makanan Indonesia dan agar masakan Indonesia semakin banyak dikenal oleh warga setempat.

"Ke depan, diharapkan semakin banyak ekspor pangan olahan dari Indonesia, terutama bumbu rempah," kata Niniek.

Pada tahun ini, kegiatan promosi "Indonesia Spice Up the World" hadir di ASEAN Bazaar, yakni festival tahunan yang diadakan Komite ASEAN di Buenos Aires (ACBA) untuk mengenalkan ASEAN di Argentina. Pada acara itu, sebuah gerobak mie bertuliskan "Indonesia" menjadi pusat stand kuliner yang digelar KBRI Buenos Aires dengan bertajuk "Indonesia Spice Up the World" atau dalam bahasa setempat "Indonesia le da Sabor al Mundo.

Dewi Daryana, pemilik katering IndoDewi yang telah beberapa kali ikut serta dalam kegiatan promosi kuliner Indonesia di Argentina, menyuguhkan masakan Indonesia berupa mie ayam, kari tempe, dan keripik tempe.

Menurut KBRI Buenos Aires, banyak pengunjung ingin mencicipi tempe. Sebab walaupun Argentina merupakan penghasil kedelai ketiga terbesar di dunia, makanan olahan dari kedelai yang difermentasikan belum banyak ditemui di Argentina.

Kopi khas Indonesia juga turut meramaikan stand "Indonesia Spice Up the World". Bekerja sama dengan peraih penghargaan barista terbaik Argentina pada 2012, Daniel Cifuentes, KBRI menyajikan kopi Toraja dan Mandailing dengan gaya espresso yang cukup banyak diminati pengunjung.

Para pengunjung stand Indonesia membuat antrean panjang untuk dapat mencicipi beragam kuliner khas Indonesia, seperti rendang, sate, serta berbagai jajanan pasar seperti wingko, martabak, tahu isi, onde-onde, putu ayu, talam ubi. "Indonesia Spice Up the World" adalah program Pemerintah RI untuk mempromosikan produk makanan Indonesia ke seluruh dunia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement