Rabu 29 Jun 2022 03:42 WIB

Fokus Entaskan Kemiskinan, Bupati Cilacap Canangkan Kampung KB

Kampung KB salah satu upaya mendekatkan layanan KKBPK ke masyarakat

Rep: idealisa masyrafina/ Red: Hiru Muhammad
Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji mencanangkan Kampung KB di Desa Keleng dan Desa Kesugihan, Kecamatan Kesugihan, Senin (27/06/2022).
Foto: istimewa
Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji mencanangkan Kampung KB di Desa Keleng dan Desa Kesugihan, Kecamatan Kesugihan, Senin (27/06/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, CILACAP--Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji mencanangkan Kampung KB di Desa Keleng dan Desa Kesugihan, Kecamatan Kesugihan, Senin (27/06/2022).

Kampung KB adalah salah satu upaya mendekatkan pelayanan Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) kepada masyarakat dalam mengaktualisasikan fungsi keluarga melalui perwujudan keluarga kecil bahagia sejahtera.

Baca Juga

Turut hadir Ketua Tim Penggerak PKK Teti Rohatiningsih, Camat Kesugihan Basuki Priyo Nugroho, Kepala Desa Keleng Arsidi, Kepala Desa Kesugihan Yetto Susalit, para pejabat di lingkungan Kabupaten Cilacap dan tamu undangan lainnya.

Bupati Cilacap Tatto menjelaskan, keberadaan Kampung KB diharapkan dapat menjadi gambaran sebuah desa yang didalamnya terdapat keterpaduan dari program KKBPK yang disinergikan dengan program pembangunan sektor terkait secara sistematis. Ini tujuannya agar dapat mengentaskan kemiskinan yang nantinya dapat berpengaruh pada keberhasilan di sektor lain.

“Untuk mendukung keberhasilan Kampung KB seharusnya tidak hanya diisi dengan kegiatan-kegiatan dari Program KKBPK saja, tetapi harus di intervensi berbagai kegiatan prioritas sektor lain seperti kesehatan, pendidikan, pertanian, perkebunan, peternakan dan sektor lain sesuai kebutuhan masyarakat di lokasi itu," jelas Bupati, Selasa (28/6/22).

Sejalan dengan Bupati, Kepala Desa Keleng Arsidi bertekad akan melibatkan seluruh mitra kerja dan para pemangku kepentingan serta partisipasi aktif masyarakat untuk menyukseskan Kampung KB.“Dengan dicanangkannya Kampung KB Semarak di Desa Keleng dan Kampung KB Dwi Yoga Desa Kesugihan maka tuntas sudah pencanangan Kampung KB di Kecamatan Kesugihan," ujar Kepala Desa.

Setelah ini, warga Desa Keleng akan mengadakan syukuran berupa Sedekah Bumi dan Kenduren, agar program ini dapat berjalan dengan maksimal. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement