Rabu 29 Jun 2022 14:20 WIB

Cari Hidden Gem buat Liburan, Ini Rekomendasi OYO

Destinasi wisata alam masih jadi favorit wisata bersama keluarga.

Rep: ANTARA/ Red: Fuji Pratiwi
Ilustrasi ekowisata. Menurut OYO, wisata alam masih jadi wisata favorit bagi keluarga.
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Ilustrasi ekowisata. Menurut OYO, wisata alam masih jadi wisata favorit bagi keluarga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Platform hospitality, OYO, mengatakan, destinasi wisata tersembunyi (hidden gem) dan ramah lingkungan (ecotourism) kian.

Data internal OYO mencatat, terjadi peningkatan pemesanan kamar sebesar 176 persen pada pada bulan Mei 2022. Provinsi Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali dan Sumatra Utara yang banyak menyajikan wisata alam masih menjadi destinasi favorit bagi pelanggan untuk berlibur bersama keluarga.

Baca Juga

"Kami melihat ekowisata memiliki potensi besar," kata Country Head OYO Indonesia Agus Hartono Wijaya dalam keterangannya diterima di Jakarta pada Rabu (29/6/2022).

Berikut ini adalah beberapa destinasi hidden gem rekomendasi OYO.

1. Sanghyang Kenit, Rajamandala

Terletak di Kabupaten Bandung Barat yang menyediakan pemandangan arus sungai dan gua-gua purba. Dibendungnya aliran Sungai Citarum Purba ke PLTA Rajamandala, membuat air yang melewati Sanghyang Kenit mendangkal. Arusnya pun saat ini cenderung tenang mengalir diantara bebatuan purba yang kini dapat dikunjungi oleh wisatawan.

2. Stone Garden dan Gua Pawon, Citatah

Lokasi tersebut merupakan kompleks gua purbakala dimana pernah ditemukan kerangka manusia purba yang ditengarai adalah nenek moyang orang Sunda, meski hingga saat ini masih diteliti oleh balai arkeolog Bandung.

3. Smart farming, Desa Cibeunying, Cibodas, Bandung Barat

Bagi wisatawan yang ingin membawa serta keluarga dan anak-anaknya berlibur, maka destinasi ini bisa menjadi pilihan. Menawarkan pemandangan kebun dan sawah yang asri, destinasi ini juga menyediakan strawberry farm dan bukit pinus yang dapat dijelajahi bersama keluarga.

4. Puncak Manik, Desa Bangunharja, Ciamis

Pilihan lain untuk destinasi wisata Keluarga, Puncak Manik menawarkan berbagai kegiatan untuk keluarga dan anak-anak, seperti wisata edukasi perikanan dan pertanian, fun tubing di Sungai Cihonje, susur Hutan Cicapar, puncak manik kidzland, flying fox, permainan outbound, hingga pemandangan Lembah Cipetir.

5. Goa Resi, Desa Conto, Bulukerto, Wonogiri

Goa Resi menyuguhkan keindahan alam dan suasana yang asri berupa obyek foto di dalam goa dengan latar lampu warna-warni diiringi tetesan air dari atas goa serta menawarkan tempat kolam renang yang dapat dinikmati oleh anak-anak.

6. Carangsari Village Cycling, Bali

Cocok untuk semua tamu dari segala usia, tur bersepeda ini memungkinkan wisatawan dapat melihat sekilas kehidupan sehari-hari warga lokal, budaya Bali dan ditemani oleh pemandangan alam yang menakjubkan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement