Kamis 30 Jun 2022 14:35 WIB

TNI AL Akan Perkuat Lanal Balikpapan Jadi Lantamal 

Lanal Balikpapan akan diperkuat TNI AL jadi Lantamal.

Rep: Flori Sidebang/ Red: Muhammad Hafil
TNI AL Akan Perkuat Lanal Balikpapan Jadi Lantamal . Foto:   Pangkalan TNI AL (Lanal) Balikpapan menangkap 47 anak buah kapal (ABK) dan delapan kapal motor (klotok) yang mencuri batu bara di wilayah Muara Kembang Buoy 17 Samarinda, Kalimantan Timur, Senin (17/1). Mereka diamankan saat sedang beraksi memindahkan batu bara dari tongkang ke kapal motor.
Foto: istimewa
TNI AL Akan Perkuat Lanal Balikpapan Jadi Lantamal . Foto: Pangkalan TNI AL (Lanal) Balikpapan menangkap 47 anak buah kapal (ABK) dan delapan kapal motor (klotok) yang mencuri batu bara di wilayah Muara Kembang Buoy 17 Samarinda, Kalimantan Timur, Senin (17/1). Mereka diamankan saat sedang beraksi memindahkan batu bara dari tongkang ke kapal motor.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- TNI Angkatan Laut akan meningkatkan Pangkalan TNI AL (Lanal) Balikpapan menjadi Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal). Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono dalam kunjungan kerjanya berkesempatan meninjau lahan yang dihibahkan oleh Pemerintah Daerah Balikpapan untuk pembangunan Lantamal dan fasilitas pangkalan di Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (29/6/2022).

Menurut Yudo, rencana pembangunan tersebut sesuai dengan pertimbangan strategis bahwa fungsi Lantamal di Balikpapan nantinya sebagai pengamanan calon Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. 

Baca Juga

Selain itu, Yudo mengatakan, TNI AL akan terus memperbaiki dan mengembangkan fasilitas pangkalan dan membangun kekuatan untuk menjawab tantangan tugas kedepan yang semakin kompleks. "Pembangunan tersebut akan masuk dalam perencanaan tahun 2023," kata Yudo dalam keterangan resmi Dinas Penerangan Angkatan Laut (Dispenal) di Jakarta, Kamis (30/6/2022).

Selain melaksanakan peninjauan sarana dan prasarana Lanal Balikpapan, Ketua Umum Jalasenastri Vero Yudo Margono juga berkesempatan melaksanakan tatap muka dengan Pengurus dan Anggota Cabang 3 Korcab XIII DJA II. Sekaligus penyerahan tali asih kepada anak berkebutuhan khusus serta warakawuri Lanal Balikpapan, yakni Bima Juan Christian anak dari Serka BS Wenji dan Luthfia Bidayatul Hidayah anak dari Serda Fathur Rozikin, sedangkan warakawuri yakni Ramlani Nompo yang merupakan Istri dari almarhum Serka Sumarno.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement