Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Pemuda Peduli

Kominfo Gandeng Sekolah.mu dalam Webinar Cerdas Digital

Teknologi | Thursday, 30 Jun 2022, 10:38 WIB
Kominfo Hadirkan Narasumber Kompeten Untuk Webinar

TEKNOLOGI adalah teman manusia pada era sekarang. Teknologi banyak membantu aktivitas manusia hingga menjadi sumber pencaharian utama di berbagai lapisan bumi. Untuk itu, Kominfo bersama Sekolah.mu kembali menggelar webinar bertajuk cerdas digital yang mengangkat topik proyek dengan teknologi.

Pada kesempatan kali ini, Kominfo bersama Sekolah.mu mengundang Bukik Setiawan selaku Ketua Yayasan Guru Belajar dan Febriandini, seorang penggerak KGBN sekaligus Google Educator. Webinar ini diadakan pada Jumat (17/06/2022) lalu dan sukses dihadiri ratusan orang dari berbagai kalangan.

Dalam pemaparannya, para narasumber mengungkapkan bahwa pembelajaran berbasis proyek dengan teknologi bukan sekedar memakai komputer atau alat canggih. Lain dari itu, proyek ini merupakan program yang berbasis empati (karena memedulikan permasalahan sekitar) dan fokus pada proses serta mengembangkan potensi.

Jenis-jenis teknologi ini juga ternyata beragam, dari mulai teknologi budidaya tanaman maupun ternak, teknologi pengolahan pangan, teknologi pengolahan sampah, teknologi seni visual dan grafis dan berbagai macam lainnya. Tentunya dalam pengenalan teknologi juga melalui berbagai tahapan dan disesuaikan dengan jenjang pendidikan. Untuk jenjang PAUD sendiri, anak-anak sudah mulai dikenalkan dengan cara membuat pangan yang bergizi. Begitupun untuk anak SD yang memulai budidaya menanam sayur hingga pengolahan makanan secara sederhana.

Sebagai anak yang tumbuh pada abad 21, perlu adanya kepekaan baik dari orang tua maupun instansi pendidikan selaku orang dewasa dalam memantau tumbuh kembang anak-anak yang hidup berdampingan dengan digital. Dalam webinar ini juga dijelaskan mengenai dampak dari bullying, yang mana anak-anak diharapkan untuk bisa lebih cerdas dalam berdigital dan beretika dalam menggunakan media sosial.

Yayasan Pemuda Peduli sebagai salah satu kolaborator Sekolah.mu sangat bangga menjadi bagian tamu undangan dalam webinar ini dan sepakat bahwa perlu adanya edukasi pemakaian teknologi dan digital bagi anak-anak. Acara pun kemudian diakhiri dengan gelak tawa bersama.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image