Kamis 30 Jun 2022 22:50 WIB

RTIK Blitar: Perhatikan Jejak Digital Agar Aman Bermedsos

Kabid Humas RTIK Blitar ingatkan tidak membagi data pribadi saat bermedsos

Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Beragam media sosial (ilustrasi). Kabid Humas RTIK Blitar ingatkan tidak membagi data pribadi saat gunakan media sosial
Foto: Alexander Shatov Unsplash
Beragam media sosial (ilustrasi). Kabid Humas RTIK Blitar ingatkan tidak membagi data pribadi saat gunakan media sosial

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perubahan gaya hidup menjadi serba digital menawarkan kemudahan dan kepraktisan. Masyarakat pun percaya kini sudah nyaman untuk melakukan aktivitas keuangan digital. Kewaspadaan akan keamanan digital tetap diperlukan agar terhindar dari penipuan. 

"Keamanan digital menjadi aspek yang perlu mendapat perhatian agar penggunaan layanan digital secara luring dan daring tetap aman. Tidak hanya untuk mengamankan data, tapi juga melindungi data pribadi yang bersifat rahasia," kata Kabid Humas RTIK Kabupaten Blitar, Dian Triwiono saat webinar Makin Cakap Digital untuk kelompok masyarakat wilayah Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

Lebih jauh kompetensi mengenai keamanan digital meliputi mengamankan perangkat digital seperti ponsel dan laptop, mengamankan identitas digital seperti kartu identitas, mewaspadai penipuan, memahami rekam jejak digital, dan keamanan digital bagi anak. 

"Dunia digital serba mudah namun di dalamnya banyak bahaya yang mengancam," kata Dian. 

Perhatikan juga mengenai jejak digital yaitu jejak data yang dibuat dan ditinggalkan saat menggunakan perangkat digital. Seperti membuat status, meninggalkan komentar, membuat video harus dipikirkan terlebih dahulu. Seperti saat membuat akun media sosial, email, apa yang diketik di mesin pencari, video apa yang ditonton, iklan yang diklik.

"Kendalikan jejak digital mulai sekarang. Cek kembali ketika berteman di media sosial profil pengguna, jangan membagikan informasi penting tentang diri kita, selalu waspada akan tautan tak dikenal, jangan buka file tak dikenal, jangan merespons panggilan telepon dan pesan yang meminta data pribadi atau password. Mulailah membuat konten positif," tuturnya. 

Webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok masyarakat wilayah Kabupaten Madiun, Jawa Timur, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Siber Kreasi. Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya digital skills, digital ethics, digital safety dan digital culture untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Kali ini hadir pembicara-pembicara yang ahli dibidangnya untuk berbagi terkait budaya digital antara lain Pengusaha, Digital Trainer dan Graphologist, Diana Aletheia, Kabid Humas RTIK Kabupaten Blitar, Dian Triwiono dan Ketua STIKOSA AWS, Meithiana Indrasari.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تَتَّخِذُوْا عَدُوِّيْ وَعَدُوَّكُمْ اَوْلِيَاۤءَ تُلْقُوْنَ اِلَيْهِمْ بِالْمَوَدَّةِ وَقَدْ كَفَرُوْا بِمَا جَاۤءَكُمْ مِّنَ الْحَقِّۚ يُخْرِجُوْنَ الرَّسُوْلَ وَاِيَّاكُمْ اَنْ تُؤْمِنُوْا بِاللّٰهِ رَبِّكُمْۗ اِنْ كُنْتُمْ خَرَجْتُمْ جِهَادًا فِيْ سَبِيْلِيْ وَابْتِغَاۤءَ مَرْضَاتِيْ تُسِرُّوْنَ اِلَيْهِمْ بِالْمَوَدَّةِ وَاَنَا۠ اَعْلَمُ بِمَآ اَخْفَيْتُمْ وَمَآ اَعْلَنْتُمْۗ وَمَنْ يَّفْعَلْهُ مِنْكُمْ فَقَدْ ضَلَّ سَوَاۤءَ السَّبِيْلِ
Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu menjadikan musuh-Ku dan musuhmu sebagai teman-teman setia sehingga kamu sampaikan kepada mereka (berita-berita Muhammad), karena rasa kasih sayang; padahal mereka telah ingkar kepada kebenaran yang disampaikan kepadamu. Mereka mengusir Rasul dan kamu sendiri karena kamu beriman kepada Allah, Tuhanmu. Jika kamu benar-benar keluar untuk berjihad pada jalan-Ku dan mencari keridaan-Ku (janganlah kamu berbuat demikian). Kamu memberitahukan secara rahasia (berita-berita Muhammad) kepada mereka, karena rasa kasih sayang, dan Aku lebih mengetahui apa yang kamu sembunyikan dan apa yang kamu nyatakan. Dan barangsiapa di antara kamu yang melakukannya, maka sungguh, dia telah tersesat dari jalan yang lurus.

(QS. Al-Mumtahanah ayat 1)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement