Jumat 01 Jul 2022 09:20 WIB

Mahfud MD Sampaikan Salam Jokowi ke Presiden Filipina Marcos Jr

Mahfud mewakili Presiden Jokowi dalam pelantikan Presiden Ferdinand Marcos Jr.

Rep: Flori Anastasia Sidebang/ Red: Erik Purnama Putra
 Presiden ke-17 Filipina Ferdinand Marcos Jr.
Foto: AP/Aaron Favila
Presiden ke-17 Filipina Ferdinand Marcos Jr.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menghadiri pelantikan Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr di Museum Nasional Manila, Filipina, Kamis (30/6/2022). Mahfud hadir sebagai Utusan Khusus Presiden RI.

Mahfud MD tiba di Manila pukul 05.40 waktu setempat. Dia disambut Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) RI untuk Republik Filipina Letjen (Purn) Agus Widjojo, dan pejabat dari Kementerian Luar Negeri Filipina.

Baca: Mahfud Cerita Sunan Kalijogo Islamkan Pulau Jawa Pakai Metode Pertunjukan Wayang.

Dalam kesempatan berjabat tangan dengan Presiden Marcos, Mahfud menyampaikan selamat dan salam dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). "Tadi saya menyampaikan salam dan selamat dari Presiden Joko Widodo kepada Presiden Marcos. Kami berharap hubungan Filipina dengan Indonesia semakin baik dan kerjasama antar dua negara ini semakin menguat," kata Mahfud dalam siaran di Jakarta, Jumat (1/7/2022).

Marcos Jr dilantik sebagai presiden ke-17 Filipina menggantikan Presiden Duterte. Dia akan menjabat untuk periode enam tahun. Pelantikan dilakukan dengan pengawalan yang ketat. Sebelum pelantikan diselenggarakan pawai gabungan militer dan sipil.

Selain Menko Polhukam Mahfud MD, sejumlah wakil negara sahabat pun turut hadir dalam acara tersebut. Antara lain, wakil dari negara ASEAN yang umumnya diwakili Utusan Khusus setingkat Menteri, Amerika Serikat, dan lain-lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement