Jumat 01 Jul 2022 09:27 WIB

Laporan WHO Ungkap Jumlah Kasus Covid-19 Kembali Naik

Jumlah kematian di seluruh dunia Covid-19 relatif sama dengan minggu sebelumnya.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Friska Yolandha
Petugas kesehatan melakukan tes usap PCR kepada calon haji di area Masjid Pusdai, Kota Bandung, Selasa (28/6/2022). Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) laporkan jumlah kasus baru virus corona naik 18 persen dalam sepekan terakhir.
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Petugas kesehatan melakukan tes usap PCR kepada calon haji di area Masjid Pusdai, Kota Bandung, Selasa (28/6/2022). Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) laporkan jumlah kasus baru virus corona naik 18 persen dalam sepekan terakhir.

REPUBLIKA.CO.ID, JENEWA -- Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) laporkan jumlah kasus baru virus corona naik 18 persen dalam sepekan terakhir. Lebih dari 4,1 juta kasus dilaporkan secara global.

Badan kesehatan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) ini mengatakan dalam laporan mingguan terbaru tentang pandemi, jumlah kematian di seluruh dunia tetap relatif sama dengan minggu sebelumnya, sekitar 8.500 jiwa. Kematian terkait Covid-19 meningkat hanya di tiga wilayah, Timur Tengah, Asia Tenggara, dan Amerika.

Baca Juga

Kenaikan mingguan terbesar dalam kasus Covid-19 baru terlihat di Timur Tengah, dengan peningkatan sebesar 47 persen. Infeksi meningkat sekitar 32 persen di Eropa dan Asia Tenggara, dan sekitar 14 persen di Amerika.

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan, kasus meningkat di 110 negara, sebagian besar didorong oleh varian omikron BA.4 dan BA.5. "Pandemi ini berubah, tetapi belum berakhir,” katanya.

Menurut Tedros, kemampuan untuk melacak evolusi genetik Covid-19 di bawah ancaman ketika negara-negara melonggarkan upaya pengawasan dan pengurutan genetik. Dia memperingatkan bahwa akan lebih sulit untuk menangkap varian baru yang muncul dan berpotensi berbahaya.

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَرَسُوْلًا اِلٰى بَنِيْٓ اِسْرَاۤءِيْلَ ەۙ اَنِّيْ قَدْ جِئْتُكُمْ بِاٰيَةٍ مِّنْ رَّبِّكُمْ ۙاَنِّيْٓ اَخْلُقُ لَكُمْ مِّنَ الطِّيْنِ كَهَيْـَٔةِ الطَّيْرِ فَاَنْفُخُ فِيْهِ فَيَكُوْنُ طَيْرًاۢ بِاِذْنِ اللّٰهِ ۚوَاُبْرِئُ الْاَكْمَهَ وَالْاَبْرَصَ وَاُحْيِ الْمَوْتٰى بِاِذْنِ اللّٰهِ ۚوَاُنَبِّئُكُمْ بِمَا تَأْكُلُوْنَ وَمَا تَدَّخِرُوْنَ ۙفِيْ بُيُوْتِكُمْ ۗاِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيَةً لَّكُمْ اِنْ كُنْتُمْ مُّؤْمِنِيْنَۚ
Dan sebagai Rasul kepada Bani Israil (dia berkata), “Aku telah datang kepada kamu dengan sebuah tanda (mukjizat) dari Tuhanmu, yaitu aku membuatkan bagimu (sesuatu) dari tanah berbentuk seperti burung, lalu aku meniupnya, maka ia menjadi seekor burung dengan izin Allah. Dan aku menyembuhkan orang yang buta sejak dari lahir dan orang yang berpenyakit kusta. Dan aku menghidupkan orang mati dengan izin Allah, dan aku beritahukan kepadamu apa yang kamu makan dan apa yang kamu simpan di rumahmu. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat suatu tanda (kebenaran kerasulanku) bagimu, jika kamu orang beriman.

(QS. Ali 'Imran ayat 49)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement