Jumat 01 Jul 2022 13:03 WIB

5 Cara Orang Tua Bisa Nikmati Gaya Hidup Sehat di Rumah 

Menjadi tua bisa dilakukan dengan cara yang positif.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Lansia bahagia. Ilustrasi
Foto: Dailymirror
Lansia bahagia. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Selama beberapa tahun terakhir, telah terjadi peningkatan fokus pada kesehatan dan kualitas hidup untuk orang dewasa yang lebih tua. Penuaan positif mengambil pendekatan yang lebih holistik untuk kehidupan sehari-hari dan berpikir tentang kesehatan dalam hal kesehatan mental dan fisik.

Dilansir dari sctimes pada Jumat (1/7/2022), menjadi sehat hari ini bukan hanya tentang memeriksa tekanan darah dan kadar kolesterol Anda tetapi juga memeriksa kebutuhan emosional Anda.

Baca Juga

Dimensi kesejahteraan tambahan ini mencakup masalah fisik, emosional, sosial, spiritual dan intelektual. Kesejahteraan menyentuh aspek kehidupan, seperti merasa nyaman di rumah, berpartisipasi dalam memenuhi kegiatan dan memelihara persahabatan.  Ini melatih perawatan diri dan menemukan keseimbangan.

Berikut adalah lima cara untuk mempertahankan gaya hidup sehat yaitu :

1. Lakukan Latihan Penghilang Stres

Berolahraga dan aktivitas fisik sangat bagus untuk kesejahteraan mental dan fisik orang dewasa yang lebih tua. Selain itu juga memiliki manfaat emosional, seperti meningkatkan mood dan merasa lebih percaya diri dan mandiri.

2. Makan dengan Penuh Perhatian 

Makan dengan penuh kesadaran adalah tentang melibatkan lebih banyak indra Anda untuk sepenuhnya menghargai makanan, mencicipi setiap gigitan secara perlahan dan membuat pilihan yang lebih baik. Nutrisi yang baik penting untuk membantu mencegah penyakit kronis. 

3. Dengarkan Musik

Saat Anda stres atau merasa tidak enak badan, penelitian menemukan bahwa mendengarkan musik dapat mengurangi kecemasan, meningkatkan kualitas tidur, dan menghibur Anda, di antara manfaat emosional, fisik, dan mental lainnya.  Entah itu lagu lama yang membawa kembali kenangan indah atau simfoni klasik yang merangsang pikiran Anda. Melodi favorit Anda dapat menenangkan jiwa Anda.

4. Perkuat Keyakinan

Spiritualitas dapat memainkan peran besar dalam penuaan positif. Keyakinan dapat membantu membangun ketahanan untuk membantu Anda melewati masa-masa sulit. Studi telah menemukan praktik spiritual, seperti doa dan meditasi, dapat membantu meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup.

5. Tetap Bersosialisasi 

Merasa terhubung dengan orang lain membantu penuaan yang sehat.  Kesepian dan isolasi sosial adalah kekhawatiran utama bagi orang dewasa yang lebih tua, yang dapat memengaruhi kesejahteraan Anda secara keseluruhan. Ternyata, terkadang tertawa memang obat yang paling mujarab.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement