Jumat 01 Jul 2022 16:05 WIB

Anies Mengenang Tjahjo Kumolo Selalu Perjuangkan Kemajuan Bangsa

Anies berkenalan dengan Tjahjo pertama kali pada 1992.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Menteri Tjahjo Kumolo bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan dan Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis kala peresmian samsat digital di Mapolda Metro Jaya, Senin (26/3/2018).
Foto: Republika/Rahma Sulistya
Menteri Tjahjo Kumolo bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan dan Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis kala peresmian samsat digital di Mapolda Metro Jaya, Senin (26/3/2018).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menilai, almarhum Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo merupakan tokoh yang selalu memperjuangkan kemajuan bangsa. "Hingga akhir hayatnya, almarhum selalu memikirkan dan memperjuangkan kemajuan bangsa," kata Anies melalui akun Twitter @aniesbaswedan di Jakarta, Jumat (1/7/2022).

Anies mengenang perkenalannya dengan politikus senior PDIP itu pertama kali pada 1992. Ketika itu, lanjut dia, keduanya sama-sama menjadi pembicara dalam diskusi soal gerakan kepemudaan. Sedangkan Tjahjo merupakan ketua umum Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI).

"Berkenalan pertama kali tahun 1992, almarhum adalah ketua umum KNPI, saat kami bersama-sama bicara dalam sebuah diskusi soal gerakan anak muda," ucapnya. Anies pun mendoakan semoga keluarga yang ditinggalkan, senantiasa diberikan ketabahan.

Baca: Anies Tutup Semua Outlet Holywings, Gus Nadir: Tambah Pengangguran

Tjahjo wafat di Rumah Sakit (RS) Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta Pusat pada Jumat sekitar pukul 11.10 WIB. Tjahjo sudah menjalani perawatan intensif di RS tersebut sejak pertengahan Juni 2022. Saat ini, jenazah sedang disemayamkan di rumah dinas menteri di kawasan Widya Chandra, Jakarta.

Setelah itu, almarhum rencanannya dishalatkan di Masjid Quba Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Almarhumdimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat sore.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Republika Online (@republikaonline)

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اُولٰۤىِٕكَ الَّذِيْنَ اَنْعَمَ اللّٰهُ عَلَيْهِمْ مِّنَ النَّبِيّٖنَ مِنْ ذُرِّيَّةِ اٰدَمَ وَمِمَّنْ حَمَلْنَا مَعَ نُوْحٍۖ وَّمِنْ ذُرِّيَّةِ اِبْرٰهِيْمَ وَاِسْرَاۤءِيْلَ ۖوَمِمَّنْ هَدَيْنَا وَاجْتَبَيْنَاۗ اِذَا تُتْلٰى عَلَيْهِمْ اٰيٰتُ الرَّحْمٰنِ خَرُّوْا سُجَّدًا وَّبُكِيًّا ۩
Mereka itulah orang yang telah diberi nikmat oleh Allah, yaitu dari (golongan) para nabi dari keturunan Adam, dan dari orang yang Kami bawa (dalam kapal) bersama Nuh, dan dari keturunan Ibrahim dan Israil (Yakub) dan dari orang yang telah Kami beri petunjuk dan telah Kami pilih. Apabila dibacakan ayat-ayat Allah Yang Maha Pengasih kepada mereka, maka mereka tunduk sujud dan menangis.

(QS. Maryam ayat 58)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement