Jumat 01 Jul 2022 20:35 WIB

Kenang Tjahjo Kumolo, Ganjar: Organisator Hebat!

Ganjar mengaku terakhir bertemu Tjahjo di pernikahan adik Presiden Jokowi.

Red: Agus raharjo
Pasukan TNI membawa peti jenazah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo untuk di makamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Jumat (1/7/2022). Tjahjo Kumolo meninggal  di usia 57 tahun di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta sekitar pukul 11.10 WIB. Republika/Thoudy Badai
Foto: Republika/Thoudy Badai
Pasukan TNI membawa peti jenazah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo untuk di makamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Jumat (1/7/2022). Tjahjo Kumolo meninggal di usia 57 tahun di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta sekitar pukul 11.10 WIB. Republika/Thoudy Badai

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo,memiliki kenangan baik atas almarhum Menteri PAN dan Reformasi Birokrasi,Tjahjo Kumolo. "Beliau organisator yang hebat," ujar dia, di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, Jumat (1/7/2022).

Ia mengaku terakhir bertemu dengan almarhum saat Presiden Joko Widodo menikahkan adiknya. Ganjar sebagai gubernur Jawa Tengah bersama beberapa menteri dari Kabinet Indonesia Maju sempat berbincang dengan almarhum. "Waktu itu saya melihat kondisinya sehat, jadi agak kaget ketika beberapa kawan dokter mengantarkan beliau ke rumah sakit," katanya.

Baca Juga

Ia juga mengetahui kabar kader PDI Perjuangan itu meninggal melalui pesan singkat dari Menteri Sekretaris Negara, Pratikno. Ia mengajak semua pihak untuk mendoakan almarhum, agar dosa-dosanya diampuni dan seluruh amal ibadahnya diterima oleh Allah SWT.

Gubernur Jawa Tengah itu tiba di lokasi pemakaman anggota kabinet itu pada pukul 16.53 WIB, dengan mengenakan kemeja dan celana hitam. Selain dia, turut hadir pula sejumlah tokoh, di antaranya AM Hendropriyono, Ketua Umum DPP Partai NasDem, Surya Paloh, dan Ketua DPR Puan Maharani.

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta, pukul 11.10 WIB, Jumat. Tjahjo meninggal setelah menjalani perawatan intensif di rumah sakit tersebut sejak pertengahan Juni 2022.

Sebelum menjadi menteri PAN-RB, Kumolo pernah bergiat di Golkar, kemudian menjadi Ketua Umum Komite Nasional Pemuda Indonesia, kemudian anggota DPR dari Partai PDI Perjuangan, ketua Fraksi PDI Perjuangan di DPR, dan sekretaris jenderal DPP PDI Perjuangan.

Pada 2014, dia ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai menteri dalam negeri di Kabinet Kerja, pada 2019, diakembali masuk ke dalam pemerintah periode kedua Jokowi sebagai menteri PAN-RB dalam Kabinet Indonesia Maju.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement