Jumat 01 Jul 2022 23:22 WIB

Frozen Banjir Pujian, Sutradara Lilo & Stitch Mengaku Agak Kesal

Lilo & Stitch tayang 11 tahun sebelum Frozen.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Film Frozen. Film animasi Disney yang tayang pada 2013 itu dipuji karena tidak menghadirkan kisah percintaan melainkan kasih sayang kakak beradik.
Foto: Disney
Film Frozen. Film animasi Disney yang tayang pada 2013 itu dipuji karena tidak menghadirkan kisah percintaan melainkan kasih sayang kakak beradik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sutradara Lilo & Stitch (2002) Chris Sanders sedikit kesal dengan banjir pujian terhadap film Frozen yang mengulas hubungan antara saudara perempuan Anna dan Elsa, bukan kisah romantis dengan pria. Film animasi yang tayang pada 2013 itu dirayakan karena dianggap telah mendobrak standar romantis dari dongeng animasi Disney.

"Jujur saja, saya pikir Frozen hebat. Tapi, itu sedikit membuat saya frustrasi karena orang-orang seperti, 'Akhirnya, ada kisah yang tidak romantis,’ padahal, 'Kami melakukan itu! Itu benar-benar sudah pernah dilakukan sebelumnya'," kata Sanders belum lama ini dalam perayaan ulang tahun ke-20 Lilo & Stitch, dilansir Variety, Jumat (1/7/2022).

Baca Juga

Lilo & Stitch tayang sekitar 20 tahun lalu alias 11 tahun sebelum Frozen. Walt Disney Animation Studios telah mendominasi tahun 1990-an dengan film-film seperti Beauty and the Beast, Aladdin, Pocahontas, Mulan, dan Tarzan.

photo
Salah satu adegan di film Lilo & Stitch. - (Disney.)

Semua judul itu menggabungkan alur cerita romansa antara seorang laki-laki dan perempuan. Film animasi Disney kemudian mencoba alur lain dengan kisah petualangan, seperti Dinosaur dan Atlantis: The Lost Empire. Namun, Lilo & Stitch terbukti menjadi film studio paling sukses di awal 2000-an.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement