Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image L Endah Cahya Ningrum

SLB Ngudi Hayu Blitar: Laksanakan Peningkatan Kompetensi Guru

Guru Menulis | Friday, 01 Jul 2022, 20:50 WIB
Sambutan dan Pembukaan oleh Ibu Siti Nurchamah, S.Pd.

Guru memiliki peran yang sangat penting dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2015 tentang Guru dan Dosen menyatakan bahwa pendidikan di Indonesia akan menjadi lebih bermutu apabila guru memenuhi standar kompetensi yang telah ditetapkan yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional. Dengan memiliki kompetensi yang memadai, guru akan dapat melaksanakan tugasnya dengan baik.

Perkembangan teknologi digital yang pesat menyebabkan penyediaan media pembelajaran semakin mudah dibuat. Berbagai aplikasi multimedia interaktif telah tersedia dan dapat diakses oleh guru. Melalui berbagai penelitian, penggunaan media pembelajaran interaktif telah terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penggunaan komputer dalam menyajikan bahan ajar juga mempunyai kelebihan, seperti dapat menyajikan animasi yang menarik.

SLB Ngudi Hayu sebagai unit layanan disabilitas untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan inklusif tingkat dasar dan menengah berfungsi meningkatkan kompetensi guru di sekolah reguler dalam menangani siswa penyandang disabilitas, menyediakan pendampingan kepada siswa penyandang disabilitas untuk mendukung kelancaran proses pembelajaran, dan menyediakan media pembelajaran dan alat bantu yang diperlukan siswa penyandang disabilitas. Untuk menjalankan fungsinya tersebut SLB Ngudi Hayu melaksanakan kegiatan pelatihan dan pendampingan pembuatan media pembelajaran bekerjasama dengan Tim Pengabdian Masyarakat dari Jurusan Teknik Elektro (JTE), FT UNESA.

Kegiatan pelatihan dan pendampingan tersebut memiliki tujuan untuk menciptakan pembelajaran dengan pelayanan prima kepada siswa. Pelayanan prima ini sangat dibutuhkan oleh sekolah dalam rangka mewujudkan lingkungan sekolah yang kondusif bagi pendidikan. Kegiatan pelatihan dan pendampingan ini dilaksanakan pada hari Senin-Kamis, 20-23 Juni 2022. Kegiatan dimulai dengan sambutan dan pembukaan oleh Ibu Siti Nurchamah, S.Pd. sekaligus pengarahan, dilanjutkan oleh L. Endah Cahya Ningrum, S.Pd., M.Pd. selaku ketua Pengabdian Masyarakat dari JTE. Kemudian penyampaian materi oleh narasumber pelatihan sekaligus pendampingan. Materi yang disampaikan yaitu tentang pembuatan media pembelajaran interaktif berbasis web maupun berbasis android.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image