Sabtu 09 Jul 2022 06:38 WIB

5 Cara Tepat Menutup Kartu Kredit dengan Mudah

Agar terbebas dari lilitan utang karena tidak mengontrol nafsu belanja akibat memiliki kartu kredit. Berikut 5 cara tepat untuk menutup kartu kredit:

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
5 Cara Tepat Menutup Kartu Kredit dengan Mudah
5 Cara Tepat Menutup Kartu Kredit dengan Mudah

Memang dengan keberadaan kartu kredit sangat memudahkan dalam melakukan transaksi pembayaran bagi orang yang memilikinya. 

Namun, ada juga sebagian orang yang cenderung kurang bijaksana dalam mengatur pengeluaran serta susah untuk mengontrol diri untuk berhenti berbelanja entah itu lewat online ataupun datang langsung ke toko dengan menggunakan kartu plastik ini. Sehingga bisa menyebabkan hilang kendali dan tidak sanggup membayar tagihan yang menumpuk di kemudian hari. 

Oleh karena itu, mereka memutuskan untuk menutup akun kartu kredit mereka demi terbebas dari lilitan utang yang berdatangan, tentunya setelah semua tagihan pembayaran sebelumnya sudah lunas. Berikut 5 cara tepat untuk menutup kartu kredit:

1. Lunasi Seluruh Tagihan

Bayar Tagihan Kartu Kredit

Bayar Tagihan Kartu Kredit

Sebelum memutuskan untuk menutup akun kartu kredit, kamu harus memastikan apakah masih ada tagihan dan transaksi yang tersisa dan belum dibayar dari aktivitas terdahulu.

Setelah melihat bahwa ternyata ada beberapa tagihan dan transaksi pada kartu kredit, maka lunasilah sesegera mungkin pada bank penerbit. 

Dengan demikian, kamu akan lebih mudah menutup kartu kredit karena tidak ada lagi utang pada bank yang bersangkutan.

Baca Juga:  8 Tips Bertransaksi Aman dengan Kartu Kredit

2. Menelepon Bank Penerbit

Setelah keputusanmu sudah bulat untuk menutup akun kartu kredit, kamu diharuskan untuk menelepon pihak bank penerbit. Dengan menelepon bank, hal ini memudahkan kamu untuk bertanya karena biasanya customer service memiliki waktu kerja 24 jam sehari. 

Tentu kamu bisa menelepon kapanpun dibutuhkan. Carilah informasi dan prosedur persyaratan mengenai tanggal yang efektif untuk melakukan penutupan kartu kredit, selain itu tanyakan juga dokumen penting apa yang dibutuhkan serta alur pendataan supaya tidak menerima tagihan apapun di kemudian hari.

3. Cek Dokumen Terkait

Mengecek Dokumen

Dokumen Menonaktifkan Kartu Kredit

Ketika sudah mengetahui tentang tanggal yang efektif untuk menutup kartu kredit sekaligus mengetahui berbagai prosedur persyaratan penutupan kartu kredit dan juga apabila ada biaya tambahan sebelum menutup kartu kredit,  tandanya kamu sudah siap sekaligus mengerti dan tentunya memudahkan ke proses selanjutnya.

4. Batalkan Akses Pembayaran Otomatis

Saat masih memiliki kartu kredit, kamu pasti tahu toko-toko berbasis online maupun offline apa saja yang memiliki fitur pembayaran otomatis yang memudahkan konsumen seperti untuk membeli barang-barang dengan potongan harga pada barang tertentu dengan memakai kartu kredit. 

Nah, jika merasa pernah mengakses dan membeli barang pada toko-toko yang bersangkutan, maka jangan sampai lupa untuk menutup akses pembayaran otomatis tersebut. 

Jadi, sebelum melakukan akses transaksi seperti ini sebaiknya membuat catatan toko-toko apa saja yang pernah dibeli barangnya. Agar ketika ingin menutup kartu kredit tidak kebingungan. Atau juga bisa dengan mengumpulkan bukti pembayaran berbentuk kertas yang diterima dari toko tersebut.

Baca Juga: Tips Pintar Menggunakan Kartu Kredit Agar Kamu Makin Untung

5. Minta Surat Bukti Tertulis

Bukti Tertulis

Bukti Tertulis

Cara penutupan kartu kredit yang terakhir adalah dengan meminta surat bukti konfirmasi tertulis dari pihak bank penerbit kartu kredit. Surat bukti konfirmasi tertulis ini sangat penting diambil guna menghindari hal yang tidak diinginkan di hari nanti. 

Jadi misal, ketika tiba-tiba pihak bank menagih baik dengan via menelepon atau mengirimkan surat, cukup datang ke bank bersangkutan dan menunjukkan surat bukti konfirmasi tertulis ini pada pihak bank bahwa kamu sudah benar menutup kartu kredit sehingga bank tersebut tidak ada alasan lagi untuk mengejar kamu.

Jangan Sembarangan dalam Menonaktifkan Kartu Kredit

Jadi, jika memiliki kartu kredit dan memutuskan untuk menonaktifkannya, lebih baik dipikir ulang baik-baik dan jangan sembarangan dalam melakukannya. 

Misalnya, dengan memiliki kartu kredit kamu malah menjadi lebih bersifat konsumtif dan boros dalam membeli apapun, yang pastinya akan menambah tagihan yang harus dibayar di kemudian hari. 

Dengan begitu, ada baiknya untuk menutup kartu kredit agar tidak memperparah keadaan. Oleh karena itu, putuskan kembali dengan matang-matang ketika ingin menutupnya. 

Baca Juga: 6 Hal Mengenai Double Swipe yang Wajib Diketahui

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement