Sabtu 02 Jul 2022 19:10 WIB

Gibran Ingin Penerbangan Luar Negeri dari Adi Soemarmo Segera Terealisasi

Penerbangan luar negeri dari Bandara Adi Soemarmo untuk meningkatkan pariwisata.

Red: Ratna Puspita
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.
Foto: Pemkot Solo
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menginginkan penerbangan tujuan luar negeri melalui Bandara Adi Soemarmo Solo segera terealisasi. Hal ini agar sektor pariwisata makin menggeliat.

"(Penerbangan luar negeri) bukan hanya untuk ASEAN Para Games tetapi juga untuk wisata ke depannya," katanya di Solo, Sabtu (2/7/2022).

Baca Juga

Ia mengatakan, tidak efektif jika Pemkot Surakarta berupaya mendongkrak sektor pariwisata namun tidak dibarengi dengan akses perjalanan yang memadai, termasuk penerbangan langsung dari luar negeri. "Kita gembar-gembor (pariwisata) tapi nggak ada direct flight yang percuma. Saya dari zaman SD, SMP bolak-balik Singapura dari Solo, sekarang malah nggak ada," katanya.

Mengenai hal itu, ia sudah meminta bantuan kepada menteri terkait, di antaranya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno serta Menteri BUMN Erick Thohir. "Garuda Indonesia juga saya mintain tolong. Kalau nggak bisa direct flight, ya, dari Jakarta dulu. Sudah saya siapkan, tempatnya juga," katanya.

Pada kunjungannya ke Solo, Sandiaga mengatakan, saat ini Solo bergerak positif dalam pemulihan ekonomi. "Tadi saya atas permintaan pak wali berhubungan dengan beberapa maskapai untuk mengajukan izin dan dibantu mas wali memberikan rekomendasi untuk menambah jumlah penerbangan langsung dari luar negeri ke Solo," katanya.

Ia mengatakan rute penerbangan luar negeri yang paling prospektif untuk digarap yakni Singapura dan Kuala Lumpur. Apalagi ASEAN Tourism Forum ini digelar di Indonesia. "Paling cepat nanti 3-4 bulan (untuk perjalanan wisata). Kalau ini kan ada G20 sehingga perlu direct connection, ada G20 dan ASEAN Para Games," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement