Sabtu 02 Jul 2022 20:40 WIB

Kemenparekraf Siapkan Solo Masuk Jaringan Kota Kreatif UNESCO

Gibran komunikasi ke UNESCO soal Solo 2 kali gagal masuk ke Jaringan Kota Kreatif.

Red: Ratna Puspita
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno
Foto: Republika/Fauziah Mursid
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mempersiapkan Kota Solo, Jawa Tengah untuk maju ke dalam Jaringan Kota Kreatif atau Creative Cities Network UNESCO. Untuk itu, Kemenparekraf menggelar workshop di Solo, Jawa Tengah.

"Hari ini kami tata ulang kesiapan Kota Solo melalui pelaksanaan kabupaten dan kota kreatif workshop," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (2/7/2022).

Baca Juga

Ia mengatakan, tujuan dari workshop tersebut untuk meningkatkan kesiapan Solo maju ke UNESCO untuk seni pertunjukan agar berhasil dan mendapatkan persetujuan sebagai kota subsektor seni pertunjukan dalam Creative Cities Network. Terkait hal itu, ia sudah memberikan instruksi kepada direktorat jenderal terkait untuk mengawal prosesnya agar pada tahun depan bisa memberikan hasil yang positif.

"Agar seni pertunjukan yang sudah vakum dua tahun ini bisa berjalan dan terbukanya lapangan kerja pada rangkaian G20, SBC (Solo Batik Carnival), dan Agustus nanti kami adakan event International Wellness Tourism Conference and Festival yang juga diselenggarakan di Solo," katanya.

Ia berharap melalui pergelaran tersebut bisa membuka peluang usaha dan lapangan kerja sehingga lapangan kerja bisa meningkat. Ia mengatakan, untuk tahun ini ada dua daerah yang diajukan para Jaringan Kota Kreatif UNESCO, yakni Bitung dan Ponorogo.

"Untuk Bitung kami ajukan kuliner tuna. Kalau tahun depan Solo yang sudah kami putuskan, satunya belum. Kami setiap tahun dapat dua kesempatan," katanya.

Menurut dia, jika suatu daerah sudah masuk ke dalam Jaringan Kota Kreatif UNESCO maka ekosistem sektor tersebut akan dipantau langsung oleh UNESCO. "Tujuannya agar pelaku melestarikan seni pertunjukan budaya dan kegiatan-kegiatan, event tahunan dilaksanakan di Solo (daerah yang masuk ke dalam Jaringan Kota Kreatif UNESCO)," katanya.

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengatakan, sudah melakukan komunikasi secara langsung dengan pihak UNESCO terkait dua kali kegagalan Kota Solo masuk ke dalam Jaringan Kota Kreatif UNESCO. "Waktu saya di Paris kan saya juga (berkunjung) ke UNESCO, salahnya apa, ternyata proposalnya jelek banget. Sudah dua kali diajukan, datanya sedikit, foto sedikit, portofolio sedikit. Intinya yang kemarin tidak serius yang dari sininya. Sebetulnya seni festival sudah banyak tapi nggak tematik, orang luar negeri nggak senang yang begitu," katanya.

Mengenai potensi, ia mengatakan, Kota Solo memiliki potensi yang cukup besar mengingat Solo merupakan kota festival. "Secara potensi sebetulnya ada, namun selama ini komunitasnya bergerak sendiri-sendiri," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement