Ahad 03 Jul 2022 13:55 WIB

Begini Tulisan Media Ukraina 'Pravda' Soal Kunjungan Jokowi

Begini pernyataan dari pihak kantor Presiden Ukraina

Rep: Muhammad Subarkah/ Red: Partner
.
Foto: network /Muhammad Subarkah
.

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy
Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy

Kantor Presiden Ukraina telah mengatakan bahwa jika Presiden Volodymyr Zelenskyy ingin mengatakan sesuatu kepada Presiden Rusia Vladimir Putin, dia akan melakukannya secara terbuka, dalam pidato hariannya.

Sumber: Serhii Nikiforov, sekretaris pers untuk Kantor Presiden Ukraina, dalam komentar untuk Ukrainska Pravda

Quote: "Indonesia adalah salah satu importir gandum terbesar dari Ukraina, dan blokade pelabuhan Ukraina adalah fokus utama pembicaraan antara presiden [Indonesia dan Ukraina - red.] di Kyiv.

Rusia memikul tanggung jawab penuh untuk mengganggu ekspor [gandum Ukraina - red.] ke Indonesia, serta ke bagian lain dunia. Dan Rusia akan bertanggung jawab atas krisis pangan yang bisa terjadi kecuali pelabuhan Ukraina segera diblokir.

Inilah yang dibahas secara detail oleh Volodymyr Zelenskyy dengan Joko Widodo [Presiden Republik Indonesia - red.].

"Adapun pesan apa pun, jika presiden Ukraina ingin berbicara kepada seseorang, dia melakukannya secara terbuka, dalam pidato hariannya," kata Sehril.

Sebelumnya: Setelah pertemuannya dengan Presiden Rusia Vladimir Putin pada 30 Juni, Presiden Indonesia Joko Widodo mengaku telah menyampaikan pesan dari Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy kepada Putin.

Latar belakang:

Pada tanggal 29 Juni, Presiden Indonesia tiba di Ukraina; dia mengunjungi kota Irpin, yang dihancurkan oleh pasukan pendudukan Rusia.

Presiden Indonesia mengatakan bahwa dia memiliki pesan untuk Zelenskyy dan bahwa dia akan segera bertemu dengan presiden Rusia.

Widodo secara pribadi mengundang Zelenskyy untuk menghadiri KTT G20 di Bali pada bulan November. Sebagai tanggapan, Zelenskyy mengatakan bahwa apakah dia akan ambil bagian akan tergantung pada situasi keamanan di Ukraina dan di mana negara-negara lain diundang untuk ambil bagian dalam KTT tersebut.

sumber https://www.pravda.com.ua/eng/news/2022/06/30/7355675/

Advertisement