Senin 04 Jul 2022 15:17 WIB

Wagub Jabar Jadi Plh Gubernur Selama Ridwan Kamil Naik Haji

Ridwan Kamil telah berangkat naik haji hari ini

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Nur Aini
-Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum
Foto: istimewa
-Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Wakil Gubernur Jabar, Uu Ruzhanul Ulum ditunjuk sebagai pelaksana harian (Plh) Gubernur Jabar selama Gubernur Jabar Ridwan Kamil beribadah haji. Ridwan Kamil berangkat ke Tanah Suci pada hari ini, Senin (4/7/2022).

 

Baca Juga

 

"Saya PLH, barusan tandatangan. Jadi saya menjadi PLH selama Pak Gub berada di tanah suci hingga pulang setelah melaksanakan ibadah haji. Ya, sampai beliau pulang, kalau tidak salah dua mingguan ya," ujar Uu kepada wartawan usai Rapat Paripurna di Gedung DPRD Jabar, Senin (4/7/2022).

Uu mengatakan, tak ada pesan khusus dari Ridwan Kamil selama ia berada di tanah suci. Menurutnya, Ridwan Kamil hanya menitipkan masyarakat Jabar. Ridwan Kamil beribadah haji untuk membadalkan Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril.

"Titip aja masyarakat Jabar dan beliau mengatakan latihan Pak UU kan begitu. Ya tafsirkan saja, jadi pemimpin kan begitu," katanya.

Sebelumnya, Ridwan Kamil meminta izin untuk pergi ke tanah suci di Instagram pribadinya.

"Besok Senin, saya sebagai gubernur akan pergi menunaikan tugas memimpin jemaah haji Jawa Barat yang berjumlah 17.000-an," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil melalui akun Instagramnya.

Menurut Emil, ia memohon doa agar tetap aman saat melaksanakan ibadah dan memimpin jemaah haji. Sebelum berangkat, Emil bersama istrinya, Atalia Praratya bertakziah ke makam Eril di Cimaung, Kabupaten Bandung.

"Sekalian di momen ini, saya akan berhaji atas nama almarhum Emmeril Kahn Mumtadz. Karenanya, tadi pagi ziarah, pamit dan berdoa di makam Eril," katanya.

Emil pun mempersilakan warganet untuk menitipkan doa pada dirinya dan menuliskan di kolom komentar. 

"Mohon doanya dari semua agar diberi kelancaran dan seluruh jamaah haji Jawa Barat, dan Indonesia lancar, dan sehat selamat kembali ke tanah air sebagai haji mabrur dan hajjah mabrurah. Aamiin," kata Emil.

Di agenda, Pemprov Jabar sendiri, hari ini digelar Rapat Paripurna di Gedung DPRD Jabar. Wakil Gubernur Jabar, Uu Ruzhanul Ulum menggantikan Ridwan Kamil membacakan laporan di Rapat Paripurna tersebut. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement