Senin 04 Jul 2022 15:48 WIB

Humor Gus Dur: Porter Bertengkar di Bandara Jeddah, Dikira Jamaah Haji Indonesia Sedang Baca Doa

Jamaah haji Indonesia bilang aamiin saat dua porter di Bandara Jeddah berantem pakai bahasa Arab.

Rep: Kurusetra/ Red: Partner
.
Foto: network /Kurusetra
.

Jamaah Haji. Jamaah haji Indonesia bilang aamiin saat dua porter di Bandara Jeddah berantem pakai bahasa Arab. Foto: Republika.
Jamaah Haji. Jamaah haji Indonesia bilang aamiin saat dua porter di Bandara Jeddah berantem pakai bahasa Arab. Foto: Republika.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Musim haji tahun ini diwarnai banyak peristiwa, salah satunya pemotongan kuota haji. Bicara ibadah haji, KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur punya cerita lucu ketika di Tanah Suci saat melakukan ibadah haji dengan rombongan keluarga besar Nahdlatul Ulama (NU) dari Tegal.

Saat tiba di bandara King Abdul Azis, ada sejumlah kuli pengangkut barang yang berebut membawakan barang-barang bawaan Gus Dur. Kemudian terjadi cekcok antara kuli-kuli panggul tersebut. Mereka berdebat memakai bahasa Arab.

BACA JUGA: Naik Haji Diundang Raja Saudi dan Makan Malam Pakai Kambing Guling

Seperti dinukil dari buku "Gus Dur Menertawakan NU" Melihat dan mendengar perdebatan para kuli, jamaah asal Tegal langsung mengerumuni para kuli tersebut. "Aamiin... Aamiin... Aamiinn," kata para jamaah asal Tegal setiap kali mendengar kuli-kuli panggul tersebut berbicara.

Gus Dur yang melihat kelakuan para jamaah itu heran dan langsung mendatangani mereka. "Lho mengapa kalian malah berkerumun di sini? Sudah tahu itu orang sedang berebut barang bawaan dan bahkan bertengkar!" kata Gus Dur.

BACA JUGA: Download GB WhatsApp (GB WA) Paling Baru: Banyak Fitur Menarik, Resmi dan Anti-banned

Seorang jamaah menjawab, "Mereka terlihat fasih berdoa, apalagi mereka menggunakan sorban, pasti mereka semua adalah orang alim. Makanya kami ikut amini saja doa-doa mereka, Gus."

JANGAN LEWATKAN ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

> Humor Gus Dur: Jenderal Orba Menang Lomba Tebak Umur Mumi, Caranya Dipukulin Sampai Ngaku Sendiri

> Sejarah Sumpit yang Diharamkan Dipakai Umat Islam untuk Makan

>Tak Perlu Pakai Pawang, Begini Cara Muhammadiyah Cegah Hujan

> Humor Gus Dur: Gara-Gara Dikirimi PSK, Gus Dur Terpaksa Tidur di Sofa

> Humor Gus Dur: Bertemu PM Mesir Juru Catat Bingung, Apa yang Dicatat Gus Dur Hanya Cerita Lucu

> Humor Gus Dur: Dikritik Tangannya Dicium Ibu-Ibu Pengajian, Dijawab Gak Mungkin Saya Nikahi Semua

> Humor Gus Dur: Cak Nun Batal Temani Soeharto Tobat Gara-Gara Dikerjain Gus Dur

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

Advertisement