Dampak Tingginya Inflasi AS terhadap Perekonomian Indonesia

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Fernan Rahadi

Inflasi, ilustrasi
Inflasi, ilustrasi | Foto: Pengertian-Definisi.Blogspot.com

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Ekonom Universitas Airlangga (Unair) Wisnu Wibowo menanggapi dampak tingginya inflasi Amerika Serikat terhadap perekonomian Indonesia. Di mana inflasi AS tercatat berada di angka 8,6 persen. Menurut Wisnu, perekonomian Indonesia akan merasakan imbas dari tingginya inflasi AS. Area-area yang terdampak di antaranya adalah pasar keuangan, pasar saham, dan kenaikan suku bunga The Fed.

Meskipun demikian, kata Wisnu, pada sisi lain naiknya harga komoditas juga berpotensi memberikan dampak positif bagi Indonesia. Di antaranya adalah terjadinya peningkatan kinerja perdagangan luar negeri Indonesia yang didorong karena kenaikan harga komoditas ekspor seperti sawit dan batu bara.

Wisnu menerangkan, bank sentral US (The Fed) mengendalikan inflasi dengan menerapkan kebijakan kenaikan suku bunga acuan. Di pasar keuangan, kebijakan itu dapat memicu terjadinya capital outflow yang disebabkan oleh melebarnya kesenjangan antara suku bunga domestik dan suku bunga internasional (interest spread).

“Dana investasi jangka pendek akan balik kandang ke pasar keuangan US untuk menikmati keuntungan dari selisih bunga yang lebih tinggi,” kata dia, Senin (4/7/2022).

Di pasar saham, lanjutnya, kenaikan harga komoditas global dapat memberikan dampak ganda yang berbeda. Kinerja saham sektor-sektor komoditas akan bergerak positif. Sebaliknya, untuk sektor yang mengalami tekanan harga energi dan pangan akan mengalami tekanan yang cukup serius. Contohnya perusahaan pembangkit listrik.

"Namun khusus untuk sektor consumer good, tekanan yang dialaminya tidak terlalu besar, karena mereka lebih mampu fleksibel untuk menyesuaikan harga produk," ujarnya.

Menurut Wisnu, kenaikan suku bunga The Fed juga dapat memberikan tekanan pada kurs mata uang. Rupiah berpotensi mengalami pelemahan apabila nantinya Bank Indonesia melakukan penyesuaian kebijakan moneter dengan meningkatkan suku bunga acuan.

"Apabila hal itu terjadi, maka dapat mengganggu momentum pemulihan ekonomi Indonesia pasca pandemi," kata dia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Biden Pertimbangkan Hapus Tarif Barang China

Yellen Akui Salah Tentang Inflasi AS

Geger Saham Digital: The Fed, Telkomsel, dan GOTO

Inflasi AS Bergerak Liar, Ini Imbasnya ke Pasar Modal Indonesia

Inflasi AS Capai 8,5 Persen, Fed: Inflasi Inti Lebih Moderat

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark