Lewat JHF, Wujudkan Indonesia jadi Pusat Produsen Halal

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Muhammad Fakhruddin

Lewat JHF, Wujudkan Indonesia jadi Pusat Produsen Halal (ilustrasi).
Lewat JHF, Wujudkan Indonesia jadi Pusat Produsen Halal (ilustrasi). | Foto: Republika TV/Wahyu Suryana

REPUBLIKA.CO.ID,BANTUL -- Penyelenggaraan Jogja Halal Fest #2 sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan Indonesia jadi pusat produsen halal dunia. Festival halal ini akan diselenggarakan pada 3-6 November 2022 mendatang di Jogja Expo Center, Bantul, DIY.

"JHF ini sejalan dengan upaya mewujudkan visi master plan ekonomi syariah Indonesia 2019-2024 yaitu Indonesia yang mendiri, makmur, dan madani dengan menjadi pusat ekonomi syariah terkemuka dunia, seta Indonesia menjadi pusat produsen halal dunia," kata Ketua Panitia Jogja Halal Fest #2, Sarwi Peni Wulandaru saat Launching Jogja Halal Fest #2 di Grand Rohan Jogja Hotel, Bantul, DIY, Ahad (3/7/2022).

Wulan menyebut, kedepan diharapkan produk-produk yang dikonsumsi masyarakat Indonesia merupakan produk dalam negeri. Dengan begitu, Indonesia juga diharapkan memiliki kemandirian dalam kegiatan ekonomi syariah menuju Indonesia sebagai pusat produsen halal dunia.

Meski begitu, ia menilai ada beberapa tantangan dalam pengembangan industri halal di Indonesia. Seperti belum memadainya regulasi terkait industri halal, kurangnya literasi dan kesadaran masyarakat akan produk halal, serta interlinkage industri halal dan keuangan syariah yang masih rendah.

Baca Juga

"Hal yang sangat mendesak saat ini perlunya aksi nyata untuk meningkatkan literasi tentang industri halal melalui kegiatan yang mudah dijangkau masyarakat seperti JHF," ujarnya.

Jogja Halal Fest, katanya, digelar juga sebagai upaya untuk mempercepat pemulihan ekonomi yang terdampak pandemi Covid-19. Pelaksanaannya dilakukan dengan mendorong pergerakan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Jogja Halal Fest digelar oleh Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) DIY. Kegiatan ini dijalankan bekerja sama dengan berbagai instansi pemerintah dan juga institusi yang bergerak di industri halal.

Seperti Kadin DIY, PPHI DIY, HCY, Ikatan Saudagar Muslim Indonesia DIY dan Mukisi. Termasuk pejabat negara juga dijadwalkan akan mengisi acara ini nantinya.

Ratusan pelaku industri halal di DIY, nasional maupun internasional dilibatkan dalam kegiatan ini. Bertemunya pada pemangku kepentingan, kata Wulan, akan terjadi sinkronisasi dan harmonisasi kebijakan dan aksi mendukung percepatan perkembangan halal di Indonesia.

"Terutama untuk mensukseskan rencana aksi Indonesia menjadi pusat produsen halal dunia," jelas Wulan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Jogja Halal Fest #2 Disebut Penanda Kebangkitan Ekonomi Syariah

Jogja Halal Fest #2 Targetkan 50 Ribu Pengunjung

Wapres Minta Pembentukan Komite Ekonomi Syariah di Seluruh Provinsi

Wapres Evaluasi 13 Program Prioritas KNEKS

Pimpin Pleno KNEKS Kedua, Ini Permintaan Wapres

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark