Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Kepoin Bandung

Pantai Karang Bolong Pacitan: Indahnya Sudah Pada Tahap yang Keterlaluan

Wisata | Monday, 04 Jul 2022, 19:17 WIB

Pantai Karang Bolong Pacitan, sebuah kota di Jawa Timur yang sebenarnya indah, namun kurang dipandang dari segi pariwisata. Walau demikian, Pacitan sendiri punya banyak sekali tempat wisata yang indah, cantik, dan tentunya eksotis. Pantai Klayar, Buyutan, Banyi Tibo, Srau, Teleng Ria, Watukarung, dan Pantai Kali Uluh adalah beberapa dari banyak pantai indah di Pacitan.

Namun tahukah Anda, di samping pantai-pantai tadi, ada satu pantai yang paling sering dijadikan sebagai spot foto. Lalu, pantai apakah itu?

Pantai Karang Bolong Pacitan adalah nama dari pantai yang dimaksud. Memiliki pemandangan alam yang indah dan eksotis, pantai ini kerap dijadikan latar atau tempat foto. Tak hanya fotografer profesional, pengunjung pantai yang notabene suka narsis juga kerap menjadikan pantai ini sebagai lokasi untuk hunting foto. Terlepas dari media apa yang digunakan, yang jelas, Pantai Karang Bolong adalah satu dari banyak pantai cantik yang cocok untuk dijadikan tempat foto.

Kondisi Alam dan Lokasi Pantai Karang Bolong Pacitan

Pantai Karang Bolong sendiri adalah satu dari banyak tempat wisata keren yang ada di pacitan. Terletak di Kelurahan Sendang, Donorejo Pacitan, pantai ini bisa Anda jadikan satu dari banyak destinasi wisata yang harus dikunjungi bila sedang di Pacitan.

Soal kondisi alam, Pantai Karang Bolong sendiri tergolong masih asri. Banyak ditemui semak belukar dan pohon di dekat pantai. Hal itu jadi bukti kalau pantai ini masih tergolong asri dan terawat.

Kendati tidak memiliki garis pantai, tapi tempat ini masih memiliki daya tarik dari susunan tebing-tebing ia miliki. Tebing-tebing di Pantai Karang Bolong Pacitan sendiri tersusun rapih dengan padang rumput cantik di atasnya.

Akses Ke Pantai Karang Bolong Pacitan

Untuk sampai ke Karang Bolong, ada beberapa rute yang bisa Anda gunakan. Namun, demi efektivitas perjalanan, Anda bisa menggunakan akses dengan rute-rute sebagai berikut:

1. Pertama-pertama, ikuti jalur Pacitan – Solo;

2. Masuk dan ikuti jalan ke arah Goa Gong. Setelah menemui pertigaan, belok kanan, ikuti jalur hingga menemui parkiran Goa Gong;

3. Jika sudah sampai parkiran, ikuti jalur utama hingga menemui perempatan kalak, setelah itu belok kiri hingga menemui Desa Sendang;

4. Dari Desa Sendang ikuti jalur utama hingga menemui pertigaan dengan papan penunjuk ke arah Pantai Klayar;

5. Ikuti papan penunjuk tersebut sampai menemui loket masuk Pantai Klayar. Setelah menemui loket tersebut, beloklah ke arah kanan, lalu ikuti jalan hingga menemui jalan tanah yang mengarah ke Lokasi Pantai Karang Bolong Pacitan;

6. Ikuti jalan tanah tadi baik-baik hingga menemui Pantai Karang Bolong;

Pesona Pantai Karang Bolong Pacitan

Pantai Karang Bolong sendiri memiliki beberapa pesona dan keindahan yang yang tidak dimiliki oleh pantai lain, seperti;

1. Lokasi yang masih benar-benar terjaga, jarang dijamah manusia, minim pengunjung dan benar-benar asri

Tempat wisata yang indah memang banyak, tapi tempat wisata yang masih asri dan terjaga amatlah sedikit. Nah, itulah yang menjadi daya tarik di tempat wisata yang terletak di selatan Pulau Jawa ini.

Mengusung konsep asri, tempat ini terlihat indah dengan pemandangan yang juga menakjubkan.

Gugusan tebing, karang, padang rumput, semak belukar, dan pemandangan laut sore yang indah jadi daya tarik dari pantai yang satu ini.

Selain kelima daya tarik Pantai Karang Bolong Pacitan tadi, tempat ini juga memiliki udara yang amat segar, terlebih lagi di sore dan pagi hari. Oleh karenanya, banyak pengunjung yang menyempatkan hadir di pagi dan sore hari.

2. Selain indah, tempat ini juga cocok dijadikan lahan piknik dan kemah keluarga juga sahabat

Tanah yang datar membuat tempat ini nyaman dijadikan lahan piknik dan kemah. Selain itu, tempat ini juga memiliki pemandangan sunrise dan sunset yang sayang untuk dilewatkan.

Bukan hanya itu, pemandangan fajar yang menakjubkan juga jadi daya tarik pengunjung untuk datang dan berkemah di sini.

Namun perlu diingat, letak Pantai Karang Bolong Pacitan yang terletak di atas permukaan laut membuat angin yang berhembus amat kencang sehingga perlu persiapan khusus untuk hal itu. Jaket, tenda yang kokoh, dan api unggun juga harus disiapkan untuk menangkal hawa dingin di lokasi.

3. Seperti yang disampaikan di atas. Tempat ini memiliki sunrise dan sunset yang sayang untuk dilewatkan

Daya tarik utama dari pantai ini adalah sunrise dan sunset-nya. Jadi, jika Anda berkeinginan ke sini, pastikan untuk datang di waktu fajar dan petang. Karena pada saat itulah sunrise dan sunset itu keluar.

4. Sumpah demi apapun, keindahan Pantai Karang Bolong Pacitan adalah satu dari banyak keindahan yang harus Anda lihat di Indonesia

Gugusan tebing, padang rumput nan asri, semak belukar yang rimbun, dan pemandangan laut yang khas adalah daya tarik pantai yang harus Anda lihat di sini. Semuanya melebur, jadi satu, membuat keindahan yang tak dimiliki oleh banyak tempat wisata lain yang ada di Indonesia.

5. Tempat yang sangat cocok dijadikan latar foto, baik itu selfie, wefie, atau foto prewedding sekalipun

Keindahan Pantai Karang Bolong yang terkenal membuatnya jadi satu dari banyak tempat wisata yang sering dijadikan latar foto. Selfie, wefie, dan prewedding adalah foto yang kerap diambil di sini.

Fasilitas Pantai Karang Bolong Pacitan

Soal fasilitas, Karang Bolong memang tergolong terbelakang karena minimnya fasilitas yang memenuhi ekspektasi pengunjung. Jangankan rumah makan yang mampu menghapus rasa pengunjung, toilet yang hukumnya urgen pun tak ada di sini.

Walau demikian, pemerintah dan penduduk sekitar sedang berusaha ekstra untuk memajukan tempat cantik yang satu ini. Harapannya, kelak beberapa bulan ke depan akan ada fasilitas yang layak seperti toilet, tempat makan, bangku untuk pengunjung yang ingin duduk, pos pandang yang nyaman, dan pusat informasi.

Tiket Masuk Pantai Karang Bolong Pacitan

Sama halnya dengan fasilitas, tempat ini juga tidak menggunakan tiket masuk untuk pengunjung yang datang. Kalau pun ada penarikan biaya, itu hanya tarif parkir yang harus dibayar pengunjung.

Namun perlu diperhatikan. Walau ada lahan parkir yang cukup, pengunjung juga harus waspada dengan memasang kunci ganda pada kendaraannya.

Terlepas daripada itu, tempat parkir di Pantai Karang Bolong Pacitan sendiri cukup luas dan bisa digunakan oleh lebih dari belasan kendaraan. Walau demikian, kendaraan yang umum diparkir di sini adalah kendaraan kecil seperti seperti motor, bukan mobil ukuran besar atau bus yang biasa mengangkut rombongan.

Ulasan menarik lainnya seputar tempat wisata di Bandung : https://kepoinbandung.com

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image