Senin 04 Jul 2022 20:09 WIB

Dorong Produk Berkualitas, Pelatihan Diberikan kepada UMKM di Berbagai Daerah

UMKM di Indonesia mempunyai modal dan peluang bangkitkan ekonomi

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah
Para pelaku UMKM berpose bersama dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno, dalam Kelana Nusantara, akhir pekan lalu. Sandi menegaskan dukungan pemerintah untuk UMKM.
Foto: Dok Istimewa
Para pelaku UMKM berpose bersama dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno, dalam Kelana Nusantara, akhir pekan lalu. Sandi menegaskan dukungan pemerintah untuk UMKM.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Peran aktif pemerintah dalam usaha menciptakan produk yang berkualitas sangat diperlukan. Dalam upaya mencapai tujuan tersebut, pemerintah melalui Kemenparekraf berupaya memberikan beragam bentuk pelatihan bagi para UMKM. 

Aneka ragam program pemerintah yang dihadirkan itu diharapkan tepat sasaran.  “Program pemerintah itu ibarat makan, harus tepat waktu, tepat sasaran serta tepat manfaat. Program pemerintah harus berjalan secara baik dan benar," ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno menyapa para UMKM Yogyakarta lewat program Kelana Nusantara pada akhir pekan lalu.   

Baca Juga

Dalam upaya membangun kebangkitan ekonomi nasional dan menghadirkan semangat berkarya, Sandi menekankan aspek kolaborasi semua pihak, inovasi dan proses adaptasi.  

Upaya dan semangat tersebut niscaya dapat membuka peluang usaha serta lapangan kerja yang terbuka untuk masyarakat.  

Sandi juga berharap bahwa para pelaku UMKM harus jeli melihat peluang dan kesempatan juga potensi untuk terus melakukan adaptasi. Pengalaman membangun usaha harus dijadikan pengetahuan baru dalam menjalankan roda usaha. 

“Kita harus melihat kesempatan dalam kesempitan, jeli melihat potensi dalam beradaptasi, tak lupa jadikan ilmu dan pengalaman sebagai guru yang bijak, kalau sudah demikian, pasti industri kreatif akan bangkit kembali," terang Sandi, begitu akrab disapa, dalam keterangannya, Senin (4/7/20220.    

Bertempat di Netes Kafe, kehadiran Sandiaga Uno disambut meriah oleh para UMKM yang menunggu sejak pagi hari. Ratusan UMKM tersebut menggunakan kesempatan dialog tersebut dengan berbincang langsung bersama Menteri yang akrab disapa Sandi tersebut. 

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan pameran UMKM, baik di sektor kuliner, kerajinan dan kesenian. Kegiatan ini berakhir dengan sesi foto bersama para UMKM. Terlihat antusiasme warga mendekati Menparekraf untuk berswafoto bersama dan memperlihatkan produknya.       

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement