Selasa 05 Jul 2022 15:47 WIB

Nasib Manchester United dan Ego Cristiano Ronaldo

Ronaldo enggan melepaskan kesempatan absen di Liga Champions.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Bintang Manchester United, Cristiano Ronaldo. Masa depan Ronaldo di Man United menjadi topik hangat yang diperbincangkan.
Foto: DOK REPUBLIKA
Bintang Manchester United, Cristiano Ronaldo. Masa depan Ronaldo di Man United menjadi topik hangat yang diperbincangkan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kabar miring menerpa Manchester United di tengah-tengah persiapan dalam menyongsong gelaran musim baru. Bintang asal Portugal, Cristiano Ronaldo, disebut-sebut berharap untuk bisa meninggalkan Man United pada jendela transfer musim panas kali ini.

Rumor ini sebenarnya sempat muncul pada akhir musim menyusul kegagalan Man United finis di empat besar Liga Primer Inggris dan merumput di Liga Champions musim depan. Namun, kabar kepergian pemilik lima gelar pemain terbaik dunia (Ballon d'Or) itu sempat mereda seiring dengan berbagai kabar soal berbagai rencana dan aktivitas Man United di bursa transfer pemain.

Baca Juga

Kendati begitu, kabar ini ternyata tidak sepenuhnya hilang. Pada sepanjang akhir pekan lalu, rumor keinginan Ronaldo meninggalkan Stadion Old Trafford kian berhembus kencang. Sejumlah media dan jurnalis yang dianggap kredibel dalam mewartakan rumor transfer pemain ikut menurunkan laporan soal rumor ini.

''Cristiano Ronaldo meminta Manchester United untuk melepasnya pada musim panas kali ini karena dia masih memiliki ambisi besar. Man United berharap untuk tetap mempertahankan Ronaldo, tapi mulai waspada dengan permintaan ini,'' tulis jurnalis sepak bola asal Italia, Fabrizio Romano, di akun media sosialnya, akhir pekan lalu.

Cuitan jurnalis yang kerap menjadi tolok ukur dalam kabar kepindahan pesepak bola profesional di Eropa itu seirama dengan berbagai laporan dari sejumlah media-media mainstream, terutama di Inggris, seperti The Guardian, Sky Sports, dan BBC. Tidak perlu waktu lama, rumor kepergian pemain berusia 37 tahun itu langsung menyebar secara luas.

Kabar ini kemudian diikuti dengan respons dari Man United. Manajemen Iblis Merah dikabarkan enggan melepas pemain yang baru didatangkan dari Juventus pada awal musim ini tersebut. Bahkan, Man United berharap Ronaldo, yang masih menyisakan sisa kontrak selama setahun dengan opsi perpanjangan satu tahun itu, bisa ikut serta dalam tur pra-musim Man United yang bakal dimulai di Thailand pada akhir pekan ini.

Kehilangan Ronaldo pada musim panas ini tentu bukanlah momen yang tepat buat Man United, terutama dalam rencana besar untuk melakukan perombakan skuad. Di tengah ketidakpastian soal penampilan Man United pada musim depan di bawah kendali pelatih anyar, Erik ten Hag, Ronaldo setidaknya bisa menjadi jawaban instan.

Pada musim debut dalam kesempatan kedua membela Man United, Ronaldo terbukti menjadi pemain kunci. Torehan 24 gol dari 38 penampilan di semua ajang menempatkan Ronaldo sebagai top skorer klub pada musim ini.

Namun, penampilan impresif Ronaldo ternyata belum cukup membawa Man United mengakhiri musim ini dengan capaian memuaskan. Mengoleksi 64 poin, raihan poin terendah di sepanjang partisipasi di Liga Primer Inggris, Man United hanya mampu finis di peringkat keenam klasemen. Iblis Merah pun gagal tampil di Liga Champions musim depan dan harus puas merumput di kasta kedua kompetisi antarklub Eropa, Liga Europa. Kondisi ini yang akhirnya memicu keinginan Ronaldo untuk hengkang.

''Dia mungkin masih menghormati Man United, terutama para fan, dan mencintai klub ini, tapi ini bukan sesuatu yang bisa dia terima. Dia merasa masih bisa tampil di level tertinggi, terutama jelang akhir kariernya,'' tulis laporan Sky Sports, Senin (4/7/2022).

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement