Selasa 05 Jul 2022 16:14 WIB

NU Maluku Utara Pertanyakan Pemkot Ternate Sholat Idul Adha pada 9 Juli

Pemerintah Pusat menetapkan Idul Adha pada 10 Juli 2022.

Red: Ani Nursalikah
Masjid Raya Al-Munawar, Ternate. NU Maluku Utara Pertanyakan Pemkot Ternate Sholat Idul Adha pada 9 Juli
Foto: Wikipedia
Masjid Raya Al-Munawar, Ternate. NU Maluku Utara Pertanyakan Pemkot Ternate Sholat Idul Adha pada 9 Juli

REPUBLIKA.CO.ID, TERNATE -- Pengurus Nahdlatul Ulama (NU) Maluku Utara (Malut) menyikapi keputusan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) bersama Pemkot Ternate terkait pelaksanaan Idul Adha 1443 Hijriyah pada 9 Juli 2022. Keputusan tersebut tidak bersamaan keputusan Pemerintah Pusat pada 10 Juli 2022.

"Kami dapat informasi Pemkot bersama PHBI menetapkan tanggal pelaksanaan Sholat Idul Adha 1443 H pada 9 Juli 2022. Meskipun belum menyampaikan edaran kepada Umat Islam, tetapi NU akan pertanyakan keputusan yang tidak sama dengan penetapan Pemerintah Pusat," kata Ketua NU Malut Amar Manaf, Selasa (5/7/2022).

Baca Juga

Menurut dia, sesuai undangan Wali Kota Ternate, hari ini akan dilaksanakan rapat dengan berbagai elemen umat Islam Kota Ternate untuk mempertegas keputusan Pemerintah RI yang menetapkan hari raya Idul Adha jatuh pada Ahad, 10 Juli 2022. "Sekalipun pemerintah sudah menetapkan pelaksanaan Sholat Idul Adha, namun kalau ada kelompok umat Islam yang berbeda kami tetap menghargai perbedaan tersebut," ujarnya.

Khusus bagi warga Nahdliyin seluruh Indonesia tetap melaksanakan Sholat Idul Adha pada Ahad, 10 Juli 2022. Untuk penetapan tempat pelaksanaan Sholat Idul Adha bagi warga Nahdliyin Maluku Utara khususnya di Kota Ternate, akan dilaksanakan rapat NU Maluku Utara yang direncanakan nanti malam. 

Waktu dan tempat rapat akan disampaikan melalui surat resmi. Wakil Wali Kota Ternate Jasri Usman menginstruksikan seluruh jajaran kepengurusan partai untuk melaksanakan Sholat Idul Adha 1443 Hijriyah sesuai dengan keputusan dari Pemerintah Pusat. 

Ia beralasan, keputusan penetapan 10 Dzulhijah yang dilakukan pemerintah melalui Kementerian Agama itu, didasarkan pada hasil pemantauan hilal di sejumlah titik di 34 provinsi. Namun, sebelumnya Pemkot Ternate melalui rapat koordinasi dengan Kemenag Ternate, MUI, dan PHBI Ternate telah menetapkan pelaksanaan Sholat Idul Adha 1443 Hijriyah, jatuh pada Sabtu, 9 Juli 2022.

Tempat pelaksanaan sholat pun sudah ditentukan, yaitu di Stadion Gelora Kieraha Ternate. Wakil Ketua PHBI Kota Ternate Hidayatussalam ketika dikonfirmasi membenarkan telah melakukan rapat bersama Pemkot Ternate, MUI, Kemenag Kota Ternate dan pengurus Masjid Raya Al-Munawwar.

Mereka memutuskan pelaksanaan sholat Idul Adha pada 9 Juli 2022. "Kendati demikian, kami tidak akan melarang jika masjid yang tersebar di Kota Ternate melaksanakan Sholat Idul Adha pada 10 Juli 2022," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement