Selasa 05 Jul 2022 18:28 WIB

Bangun Pusat Olahraga, KSP Ingin Budayakan Olahraga di Kota Cilegon

KSP sebagai pengelola sport center, akan terus mengembangkan fasilitas olahraga.

Red: Gilang Akbar Prambadi
Sarana olahraga (ilustrasi)
Foto: fashionbeans.com
Sarana olahraga (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, CILEGON -- Kota Cilegon, Banten identik dengan pusat industri baja nasional dan juga tempat beroperasinya Krakatau Steel. Anak perusahaan Krakatau Steel yaitu Krakatau Sarana Properti (KSP) ingin mengubah citra tersebut dengan menjadikan kota Cilegon sebagai salah satu kota yang mempromosikan wisata olahraga.

Salah satu caranya adalah dengan membangun sport center atau pusat olahraga. Golf & Sports Center Manager KSP Valdi Roesmahyono mengungkapkan, sport center yang dibangun di kota Cilegon ini mempunyai sejumlah fasilitas antara lain lapangan golf, basket, tenis, futsal hingga lapangan sepak bola.

Baca Juga

“Kami ingin menciptakan budaya olahraga untuk masyarakat kota Cilegon. Jadi kalau akhir pekan, para orangtua akan mengajak anak-anak mereka untuk berolahraga di sport center kami,” kata Valdi dalam Podcast Sofa Panas yang dipersembahkan oleh KSP, seperti dilansir pada Selasa (5/7/2022).

Salah satu fasilitas olahraga yang ada di sport center adalah lapangan golf dengan luas 50 hektare dan mempunyai 18 hole. Valdi mengatakan, lapangan golf yang dikelola KSP ini sudah mempunyai standar nasional.

KSP juga melakukan sejumlah program khusus agar semakin banyak orang yang mau bermain golf. Salah satunya adalah program golf for beginner.

“Jadi program ini kami targetkan untuk masyarakat yang ingin belajar bagaimana caranya bermain golf untuk pertama kalinya. Kami juga berkolaborasi dengan komunitas golf yang ada sehingga banyak yang akhirnya mau bermain golf di kota Cilegon,” kata Valdi.

Pandemi sempat membuat sport center tutup selama satu bulan mengikuti aturan dari pemerintah. Namun, setelah itu kembali dibuka dengan kapasitas maksimal 50 persen.

Valdi menambahkan, perawatan rumput di lapangan golf tetap dilakukan selama masa pandemi. Karena, kata Valdi, KSP yakin pandemi akan segera berakhir dan orang-orang akan kembali bermain golf.

Lapangan golf yang dikelola KSP ini sudah ada sejak tahun 1970-an sebagai bagian dari fasilitas untuk karyawan yang bekerja di PT Krakatau Steel. Seiring dengan perjalanan waktu, dilakukan modernisasi khususnya untuk varian rumput yang digunakan.

“Kami juga menerapkan program membership untuk yang ingin bermain golf di sini. Jadi dengan program ini, lapangan golf sudah bisa meraih keuntungan,” kata Valdi.

Selain lapangan golf, sport center juga memiliki lapangan basket. Meski belum memenuhi standar nasional, lapangan basket di sport center termasuk sering dipakai oleh publik, khususnya klub basket.

“Jadi, cara kami agar lapangan basket tidak sepi peminat, kami mengajak klub basket untuk menjadikan lapangan basket di sport center ini sebagai homebase. Alhamdulilah, saat ini sudah ada tiga klub yang menjadikan lapangan basket di kompleks olahraga ini sebagai homebase mereka,” kata Valdi.

Valdi menambahkan, basket termasuk olahraga yang banyak diminati anak muda di kota Cilegon. Biasanya, pada setiap akhir pekan, banyak orangtua yang jalan-jalan di  dekat sport center sambil menunggu anak mereka bermain basket.

Fasilitas olahraga lain yang juga sering dipakai oleh masyarakat kota Cilegon adalah kolam renang. Dia mengatakan, KSP bekerja sama dengan guru olahraga di Cilegon untuk memakai fasilitas kolam renang di sport center.

Selain itu masih ada lapangan futsal dan juga lapangan olahraga. KSP baru saja diberi kepercayaan untuk mengelola stadion sepak bola yang di dalam kompleks Krakatau Steel.

“Stadion ini juga bisa disewa oleh publik. Biasanya dipakai untuk turnamen trofeo, jadi ada tiga klub yang bertanding,” kata Valdi.

KSP sebagai pengelola sport center, kata Valdi, akan terus mengembangkan fasilitas olahraga dengan harapan masyarakat kota Cilegon akan jadi masyarakat yang sehat dan gemar berolahraga dan berbagai event olahraga nasional maupun internasional bisa digelar di Kota Cilegon.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement