Rabu 06 Jul 2022 04:21 WIB

Pemprov Jabar Canangkan Pariwisata Berbasis HAM

Pariwisata berbasis HAM akan ditindaklanjut Pemprov Jabar, PHRI dan dinas terkait

Rep: arie lukihardianti/ Red: Hiru Muhammad
Pelaksana Harian  Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menghadiri Pencanangan Pariwisata Berbasis Hak Asasi Manusia di Jawa Barat, yang resmi dicanangkan oleh Direktur Jenderal HAM Kementerian Hukum dan HAM Mualimin Abdi, di Museum Sri Baduga Bandung, Selasa (5/7/2022).
Foto: istimewa
Pelaksana Harian Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menghadiri Pencanangan Pariwisata Berbasis Hak Asasi Manusia di Jawa Barat, yang resmi dicanangkan oleh Direktur Jenderal HAM Kementerian Hukum dan HAM Mualimin Abdi, di Museum Sri Baduga Bandung, Selasa (5/7/2022).

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG--Pelaksana Harian  Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menghadiri Pencanangan Pariwisata Berbasis Hak Asasi Manusia di Jawa Barat, yang resmi dicanangkan oleh Direktur Jenderal HAM Kementerian Hukum dan HAM Mualimin Abdi, di Museum Sri Baduga Bandung, Selasa (5/7/2022). 

Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, pihaknya mendukung kegiatan pencanangan ini terutama dalam pemenuhan HAM di wilayah wisata Jabar. Yakni, baik terkait tempat ibadah, sarana dan prasarana, maupun tenaga kerja yang melibatkan anak-anak. Tempat wisata juga harus memperhatikan kebersihan, kesehatan, dan kelestarian lingkungan. 

Baca Juga

“Selayaknya Jawa Barat ada sosialisasi kegiatan seperti ini dan arahan dari Kementerian Hukum dan HAM. Jawa Barat merupakan daerah yang sangat strategis terlebih dalam pariwisata,” ujar Uu. 

Menurut Uu, saat ini pemulihan ekonomi di Jabar mulai ditingkatkan kembali.  Khususnya dalam bidang pariwisata, di antaranya wisata bahari dan wisata religi.  “Pariwisata berbasis HAM akan ditindaklanjuti oleh Pemda Provinsi Jawa Barat dengan menggandeng PHRI (Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia) bersama Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kabupaten/ kota," katanya. 

Minimal, kata dia, tempat ibadah ataupun tempat umum lainnya di Jawa Barat kalau memungkinkan akan dipergubkan. Namun dalam membuat legalitas, kata Uu, tentunya harus ada sosialisasi lebih dahulu.  “Kami akan sosialisasi dulu. Pemda Provinsi Jawa Barat akan mengundang Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kabupaten/ kota, PHRI dan pelaku usaha yang lain supaya memahami dulu terkait hal ini,” katanya. 

“Setelah memahami semuanya kemudian baru ada payung hukumya. Jangan tiba-tiba ada payung hukum, tapi belum ada pemahaman dari masyarakat,” imbuh Uu. 

Sementara menurut Dirjen HAM Kementerian Hukum dan HAM Mualimin Abdi, Pencanangan Pariwisata Berbasis HAM di Jawa Barat merupakan proyek percontohan pelayanan publik berbasis HAM, khususnya pada sektor pariwisata. 

Menurutnya, dengan banyaknya tempat wisata, maupun hotel, maka pemenuhan HAM bagi masyarakat harus menjadi fokus pemerintah. Terlebih HAM sudah diatur dalam konstitusi Undang-Undang 1945, yang menjadi pijakan dalam berbangsa dan bernegara. 

“Oleh karena itu HAM tentu dalam implemantasinya tidak bisa dipikul sendiri oleh pemerintah. Kita wajib bersinergi dengan para pelaku usaha, utamanya adalah para pelaku usaha di bidang pariwisata, khususnya Jawa Barat,” kata Mualimin. 

Destinasi wisata yang melibatkan tenaga kerja, kata dia, tidak diperbolehkan mempekerjakan anak-anak usia 18 tahun ke bawah. 

“Penuhi hak asasinya, kalau pekerja masih (usia) sekolah harus diberikan waktu untuk sekolah, juga waktu untuk belajar karena belajar juga merupakan HAM. Selain itu, melakukan dan melaksanakan agama sesuai dengan kepercayaan masing-masing juga HAM,” papar Mualimin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement