Rabu 06 Jul 2022 04:46 WIB

Medsos Tiap OPD Pemkot Sukabumi Didorong Maksimal Sebarkan Informasi

Media sosial OPD dan BUMD, harus memiliki tiga fungsi.

Rep: riga nurul iman/ Red: Hiru Muhammad
Suasana pelatihan pengelola media sosial (medsos) OPD yang digelar Diskominfo Kota Sukabumi di Balai Kota Sukabumi, Selasa (5/7/2022)
Foto: istimewa
Suasana pelatihan pengelola media sosial (medsos) OPD yang digelar Diskominfo Kota Sukabumi di Balai Kota Sukabumi, Selasa (5/7/2022)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Pemkot Sukabumi mendorong akun media sosial (medsos) tiap organisasi perangkat daerah (OPD) agar maksimal memberikan informasi pembangunan dan layanan kepada warga. Sehingga masyarakat dapat dengan mudah memperoleh informasi dengan cepat dan mudah.

Upaya tersebut misalnya dilakukan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Sukabumi yang menyelenggarakan pelatihan bagi para admin media sosial OPD dan BUMD. Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Kota Sukabumi Tantan Sontani mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada para admin atau pengelola media sosial.

Baca Juga

'' Harapannya agar penyebarluasan informasi yang dilakukan setiap OPD dan BUMD bisa lebih optimal,'' kata dia. Upaya ini dapat memberikan informasi kepada warga mengenai program pembangunan dan layanan yang ada di tiap OPD.

Kepala Diskominfo Kota Sukabumi Rahmat Sukandar mengatakan, media sosial OPD dan BUMD, harus memiliki tiga fungsi. Pertama sebagai corong informasi, kemudian menjadi media interaksi antara pemerintah dengan masyarakat. '' Selain itu menjadi portal layanan publik,'' ujar dia.

Relawan TIK Geri Sugiran yang menjadi salah satu narasumber dalam pelatihan menerangkan, akun media sosial OPD dan BUMD harus melakukan beberapa hal agar bisa memiliki jumlah pengikut dan tingkat engangement yang bagus. Misalnya seperti menetapkan target penyebarluasan informasi agar mampu menjawab kebutuhan masyarakat, serta lebih interaktif, dan menyampaikan informasi dengan lebih luwes.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement