Rabu 06 Jul 2022 19:41 WIB

Ketua Muhammadiyah Apresiasi Langkah Jenderal Dudung Bantu Berdayakan Petani 

Ketua Muhammadiyah menilai langkah Kasad Jenderal Dudung bantu petani sudah tepat

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah
Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Prof Dadang Kahmad, menilai langkah Kasad Jenderal Dudung bantu petani sudah tepat
Foto: Dok Muhammadiyah
Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Prof Dadang Kahmad, menilai langkah Kasad Jenderal Dudung bantu petani sudah tepat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Prof Dadang Kahmad mengapresiasi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman yang telah memerintahkan anak buahnya untuk membantu petani memanfaatkan lahan kosong menjadi lahan produktif. 

Menurut dia, perhatian Jendral Dudung pada petani ini layak diapresisasi dan didukung semua kalangan. 

Baca Juga

Oh itu bagus, positif. Memang 2023 ada ancaman krisis pangan. Kalau sekarang tidak dimulai penanganan secara intensif kita akan kewalahan. Jadi saya mengapresiasi positif,” ujar Prof Dadang saat dihubungi, Selasa (5/7/2022).

Menurut Prof Dadang, Jenderal Dudung cukup responsif dan peka ketika memerintahkan jajarannya mendukung program ketahanan pangan yang dicanangkan pemerintah tersebut.

“Saya kira bagus, pemimpin yang perhatian terhadap kesejehateraan rakyat itu sangat bagus, apapun agamanya, yang penting dia sangat responsif terhadap kepentingan kesejahteraan rakyat,” ucap dia. 

Prof Dadang menambahkan, sudah banyak kajian dari para ahli yang memprediksi akan terjadi krisis pangan. Karena itu, menurut dia, inisiasi Jenderal Dudung yang memerintahkan jajarannya sampai tingkat desa untuk membantu petani sangat positif.

“Karena saya lihat menurut prediksi para ahli 2023 itu krisis, termasuk krisis pangan karena terhambantnya transportasi impor dari negara-negara lain. Mungkin karena berlangsungnya wabah dan juga berbagai hal, termasuk perubahan iklim,” katanya.

“Maka ketika ada seseorang yang berinisitif dan dia punya kekuasaan terhadap bawahannya untuk memaksimalkan, membantu petani saya kira positif, bagus,” tambah Prof Dadang.

Prof Dadang berharap Jenderal Dudung tidak hanya memerintahkan anak buahnya membantu petani. Tapi juga mencarikan pasar masyarakat untuk menaikan harga jual tinggi gabah petani. 

“Saya berharap petani ini diberi perhatian dengan dibelinya gabah mereka dengan harga tinggi oleh Bulog. Dan nanti Bulog menjual kepada masyarakat dengan harga wajar, murah. Itu membantu menyemangati petani untuk mau menanam (padi) secara intensif. Dengan begitu mungkin anak-anak muda itu tidak datang ke kota untuk urbanisasi tapi mereka memanfaatkan tanah-tanah di kampung masing-masing, sehingga terjadi surplus pertanian karena hasilnya akan membuat mereka puas,” jelas Prof Dadang.

Sebelumnya, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI, Dudung Abdurachman, mendukung program ketahanan pangan yang dicanangkan pemerintah dengan menjadikan sektor pertanian sebagai program strategis nasional untuk mewujudkan swasembada pangan. 

Dukungan itu dilakukan Dudung dengan memerintahkan satuan jajaran TNI AD agar menciptakan lahan kosong menjadi lahan produktif yang bisa dimanfaatkan sebagai lahan pertanian. Tujuannya untuk meningkatkan produksi pangan, sekaligus mengantisipasi jika sewaktu-waktu terjadi krisis pangan.  

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement