Kamis 07 Jul 2022 02:45 WIB

Pemkab Mukomuko Rencana Kembangkan Tanaman Sorgum

Sorgum yang merupakan tanaman serba guna dan bisa sebagai sumber pangan.

Rep: ANTARA/ Red: Fuji Pratiwi
Tanaman sorgum. Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, melalui Dinas Pertanian setempat berencana mengembangkan komoditas sorgum yang merupakan tanaman serba guna dan bisa dipergunakan sebagai sumber pangan.
Foto: Kementan
Tanaman sorgum. Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, melalui Dinas Pertanian setempat berencana mengembangkan komoditas sorgum yang merupakan tanaman serba guna dan bisa dipergunakan sebagai sumber pangan.

REPUBLIKA.CO.ID, MUKOMUKO -- Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, melalui Dinas Pertanian setempat berencana mengembangkan komoditas sorgum yang merupakan tanaman serba guna dan bisa dipergunakan sebagai sumber pangan.

"Kita mau coba untuk menerapkan dan mengembangkan tanaman sorgum di daerah ini," kata Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Elxandi Utria.

Baca Juga

Ia mengatakan, komitmen tersebut setelah berkoordinasi dengan pihak Kementerian Pertanian yang terkait dengan pengembangan tanaman sorgum di daerah ini. Sekarang ini, kata Elxandi, Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) di daerah ini sedang menjajaki kelompok tani yang berminat menanam tanaman sorgum di lahan pertanian.

PPL Dinas Pertanian akan mendata jumlah kelompok tani yang berminat untuk menanam tanaman sorgum, termasuk luas lahan pertanian yang disediakan untuk tanaman ini. "Pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian siap menyediakan bibit sorgum yang dibutuhkan oleh kelompok tani yang berminat menanam tanaman ini," ujarnya pula.

Untuk sementara ini, lanjut dia, pihak Kementerian Pertanian tidak membatasi luas lahan pertanian yang disiapkan untuk ditanami tanaman sorgum di daerah ini. Selain berencana mengembangkan tanaman sorgum, rencana pendirian pabrik sorgum di Mukomuko juga sedang dimatangkan, untuk memfasilitasi petani sorgum saat panen agar bisa dipasarkan.

Ia menyakini daerah yang berada sejauh 270 kilometer sebelah utara Kota Bengkulu ini sangat potensial untuk mengembangkan tanaman sorgum. Sebab faktor cuaca panas dan tanaman ini mudah tumbuh dalam kondisi cuaca seperti di daerah ini.

"Karakter wilayah ini sangat cocok untuk tanaman sorgum, termasuk kondisi cuacanya sangat mendukung untuk pengembangan tanaman ini," ujarnya.

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
مُحَمَّدٌ رَّسُوْلُ اللّٰهِ ۗوَالَّذِيْنَ مَعَهٗٓ اَشِدَّاۤءُ عَلَى الْكُفَّارِ رُحَمَاۤءُ بَيْنَهُمْ تَرٰىهُمْ رُكَّعًا سُجَّدًا يَّبْتَغُوْنَ فَضْلًا مِّنَ اللّٰهِ وَرِضْوَانًا ۖ سِيْمَاهُمْ فِيْ وُجُوْهِهِمْ مِّنْ اَثَرِ السُّجُوْدِ ۗذٰلِكَ مَثَلُهُمْ فِى التَّوْرٰىةِ ۖوَمَثَلُهُمْ فِى الْاِنْجِيْلِۚ كَزَرْعٍ اَخْرَجَ شَطْـَٔهٗ فَاٰزَرَهٗ فَاسْتَغْلَظَ فَاسْتَوٰى عَلٰى سُوْقِهٖ يُعْجِبُ الزُّرَّاعَ لِيَغِيْظَ بِهِمُ الْكُفَّارَ ۗوَعَدَ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ مِنْهُمْ مَّغْفِرَةً وَّاَجْرًا عَظِيْمًا ࣖ
Muhammad adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dengan dia bersikap keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka. Kamu melihat mereka rukuk dan sujud mencari karunia Allah dan keridaan-Nya. Pada wajah mereka tampak tanda-tanda bekas sujud. Demikianlah sifat-sifat mereka (yang diungkapkan) dalam Taurat dan sifat-sifat mereka (yang diungkapkan) dalam Injil, yaitu seperti benih yang mengeluarkan tunasnya, kemudian tunas itu semakin kuat lalu menjadi besar dan tegak lurus di atas batangnya; tanaman itu menyenangkan hati penanam-penanamnya karena Allah hendak menjengkelkan hati orang-orang kafir (dengan kekuatan orang-orang mukmin). Allah menjanjikan kepada orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan di antara mereka, ampunan dan pahala yang besar.

(QS. Al-Fath ayat 29)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement