Rabu 06 Jul 2022 22:37 WIB

Dorong Inovator Muda, Salman ITB Gulirkan Beasiswa Inovator Muda Nusantara

Penerima beasiswa akan mendapat pelatihan kepemimpinan,ketrampilan dan dana

Rep: riga nurul iman/ Red: Hiru Muhammad
   Beragam cara dilakukan untuk melahirkan inovator muda di tengah masyarakat. Seperti yang dilakukan Bidang Mahasiswa Kaderisasi dan Alumni (BMKA) Salman ITB yang menghelat kegiatan Beasiswa Inovator Muda Nusantara (IMN) pada 23-26 Juli 2022 lalu.   Tampak umat muslim berjalan di Masjid Salman ITB, Jalan Ganesa, Kota Bandung, Jumat (25/6).
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Beragam cara dilakukan untuk melahirkan inovator muda di tengah masyarakat. Seperti yang dilakukan Bidang Mahasiswa Kaderisasi dan Alumni (BMKA) Salman ITB yang menghelat kegiatan Beasiswa Inovator Muda Nusantara (IMN) pada 23-26 Juli 2022 lalu. Tampak umat muslim berjalan di Masjid Salman ITB, Jalan Ganesa, Kota Bandung, Jumat (25/6).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Beragam cara dilakukan untuk melahirkan inovator muda di tengah masyarakat. Seperti yang dilakukan Bidang Mahasiswa Kaderisasi dan Alumni (BMKA) Salman ITB yang menghelat kegiatan Beasiswa Inovator Muda Nusantara (IMN) pada 23-26 Juli 2022 lalu.

Kegiatan tersebut dilakukan secara luring di Masjid Salman ITB dan ditutup di Villa Kayu Organik Lembang, Bandung. Di mana, dari hampir seribu pendaftar kegiatan tersebut, sekitar seratus mahasiswa yang berasal dari berbagai Universitas di seluruh Indonesia lulus seleksi ketat dan mengikuti kegiatan Grand Opening Beasiswa Inovator Muda Nusantara.

Baca Juga

“ Program beasiswa ini adalah perpaduan dari kegiatan Salman Spiritual Camp (SSC), KK (Kelompok Keluarga), Latihan Mujtahid Dakwah Nasional (LMDN) dan Inventra (Invention Tradition) yang merupakan bagian bagian dari kaderisasi di BMKA Salman ITB,'' ujar Manajer BMKA Salman ITB, Muhamad Daris Al Husna dalam keterangan persnya, Rabu (6/7/2022). Beasiswa inovator muda nusantara ini diharapkan dapat memberikan solusi-solusi yang dapat diterapkan untuk membangun peradaban Indonesia dan dunia yang lebih baik lagi.

Kepala Program Beasiswa Inovator Muda Nusantara Intan Wahyu Ningsih menambahkan, hadirnya beasiswa ini dapat menjadi jawaban atas problematika yang sedang dihadapi bangsa Indonesia. '' Masjid menjadi titik awal untuk membangun peradaban yang lebih baik,'' kata dia.

Program beasiswa ini lanjut Intan, diharapkan dapat membentuk inovator muda Indonesia yang dapat menciptakan inovasi tepat guna dalam menyelesaikan masalah bangsa. Penerima beasiswa tersebut nantinya akan mendapatkan dukungan berupa program pengembangan kepemimpinan, pengetahuan, keterampilan, mentor, dan dana.

Nantinya akan dihadirkan potensial investor untuk merealisasikan gagasan ataupun program mereka dalam menyelesaikan permasalahan SDGs. Pelaksanaan Grand Opening Beasiswa Inovator Muda Nusantara dihadiri 73 peserta yang berasal dari 49 Universitas yang tersebar di seluruh Indonesia.

Kegiatan yang dilaksanakan selama empat hari tiga malam ini dilaksanakan di Masjid Salman ITB, Kota Bandung, Jawa Barat dan di Villa Rumah Kayu Organik, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Di mana pelaksanaan grand opening ini dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan.

Acara ini pula ungkap Intan, mengajarkan seluruh yang terlibat untuk menerapkan pelestarian lingkungan dengan memilah sampah untuk selanjutnya didaur ulang. Penerima beasiswa Inovator Muda Nusantara ini nantinya akan menerima pembinaan untuk mengembangkan gagasan maupun program yang sudah direncanakan sampai Desember 2022 nanti.

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
۞ وَاتْلُ عَلَيْهِمْ نَبَاَ نُوْحٍۘ اِذْ قَالَ لِقَوْمِهٖ يٰقَوْمِ اِنْ كَانَ كَبُرَ عَلَيْكُمْ مَّقَامِيْ وَتَذْكِيْرِيْ بِاٰيٰتِ اللّٰهِ فَعَلَى اللّٰهِ تَوَكَّلْتُ فَاَجْمِعُوْٓا اَمْرَكُمْ وَشُرَكَاۤءَكُمْ ثُمَّ لَا يَكُنْ اَمْرُكُمْ عَلَيْكُمْ غُمَّةً ثُمَّ اقْضُوْٓا اِلَيَّ وَلَا تُنْظِرُوْنِ
Dan bacakanlah kepada mereka berita penting (tentang) Nuh ketika (dia) berkata kepada kaumnya, “Wahai kaumku! Jika terasa berat bagimu aku tinggal (bersamamu) dan peringatanku dengan ayat-ayat Allah, maka kepada Allah aku bertawakal. Karena itu bulatkanlah keputusanmu dan kumpulkanlah sekutu-sekutumu (untuk membinasakanku), dan janganlah keputusanmu itu dirahasiakan. Kemudian bertindaklah terhadap diriku, dan janganlah kamu tunda lagi.

(QS. Yunus ayat 71)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement