Kamis 07 Jul 2022 05:50 WIB

Mengenal Muslim Pasmanda, Kantong Suara Utama BJP India

85 persen dari total populasi Muslim di India dikenal sebagai Pasmanda.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Muslim India melaksanakan shalat Idul Adha di Jammu, India pada 16 Oktober 2013. Mengenal Muslim Pasmanda, Kantong Suara Utama BJP India
Foto: AP Photo
Muslim India melaksanakan shalat Idul Adha di Jammu, India pada 16 Oktober 2013. Mengenal Muslim Pasmanda, Kantong Suara Utama BJP India

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Dalam konklaf eksekutif nasional Partai Bharatiya Janata (BJP) India baru-baru ini di Hyderabad, Perdana Menteri Narendra Modi secara khusus menyebutkan komunitas Pasmanda dan peningkatan sosial mereka.

Penyebutan khusus Muslim Pasmanda mengingatkan setiap pihak tentang siapa mereka. Perdana Menteri Narendra Modi menekankan perlunya fokus pada Muslim Pasmanda, sejalan dengan menemukan persamaan sosial baru.

Baca Juga

Usai pernyataan yang dikeluarkan PM Modi, BJP tampaknya mulai bergerak merayu masyarakat. BJP telah menunjuk Danish Ansari, seorang anggota Muslim Pasmanda dan pemimpin partai dari Ballia Uttar Pradesh Timur, sebagai Menteri Negara Urusan Minoritas dalam pemerintahan Yogi Adityanath.

Dilansir di DNA India, Rabu (6/7/2022), Muslim Pasmanda telah memainkan peran penting dalam kinerja BJP sejak pemilihan Lok Sabha 2014. Kala itu, partai tersebut membentuk pemerintahan di Pusat di bawah kepemimpinan Perdana Menteri Narendra Modi.

Kata Pasmanda berasal dari bahasa Farsi yang berarti 'tertinggal'. Komunitas ini memiliki kubu di Uttar Pradesh, di mana mereka mencapai sekitar 75 persen dari total populasi Muslim. Bahkan, 85 persen dari total populasi Muslim di negara ini dikenal sebagai Pasmanda.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement