Kamis 07 Jul 2022 09:34 WIB

BMKG Prediksi Hari Ini Sebagian Wilayah Indonesia Diguyur Hujan

Sebagian wilayah Indonesia diprediksi diguyur hujan intensitas ringan hingga sedang.

Red: Nora Azizah
Sebagian wilayah Indonesia diprediksi diguyur hujan intensitas ringan hingga sedang.
Foto: ANTARA/Muhammad Adimaja/hp.
Sebagian wilayah Indonesia diprediksi diguyur hujan intensitas ringan hingga sedang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian wilayah Indonesia masih diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. Dalam informasi yang dirilis Info BMKG diikuti secara daring di Jakarta, Kamis (7/7/2022) dijelaskan bahwa sirkulasi siklonik terpantau di wilayah Papua yang membentuk daerah pertemuan atau perlambatan kecepatan angin atau konvergensi memanjang di Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jawa Timur, perairan selatan Jawa Barat, perairan selatan NTT, dari Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tenggara hingga Teluk Tomini, Sulawesi Selatan hingga barat laut Sulawesi, dan di laut Maluku. Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Baca Juga

Cuaca untuk wilayah Sumatera diprakirakan terjadi hujan dengan intensitas ringan di wilayah Aceh, Medan dan Tanjungpinang. Sementara untuk wilayah Bengkulu dan Lampung cuaca diprakirakan hujan dengan intensitas sedang dan untuk wilayah Jambi dan Palembang diprakirakan berkabut.

Sementara untuk wilayah Pekanbaru dan Pangkalpinang cuaca diprakirakan berawan dan di wilayah Padang cuaca di prakirakan cerah berawan. Wilayah Jawa diperkirakan berawan di Jakarta, Serang, Bandung, Semarang dan Yogyakarta. Sementara untuk wilayah Surabaya cuaca diprakirakan cerah berawan.

Untuk wilayah Kalimantan, diprakirakan hujan dengan intensitas ringan di wilayah Tanjung Selor, sementara untuk wilayah Palangkaraya dan Samarinda diprakirakan berawan. Untuk wilayah Pontianak cuaca diprakirakan berkabut dan di wilayah Banjarmasin waspadai hujan disertai dengan petir. Sedangkan wilayah Bali dan Nusa Tenggara diprakirakan berawan pada wilayah Denpasar dan Mataram, dan untuk wilayah Kupang cuaca diprakirakan cerah berawan.

Bergeser ke wilayah Sulawesi, umumnya cuaca diprakirakan hujan dengan intensitas ringan hingga lebat. Sementara untuk wilayah Makassar cuaca diprakirakan berawan. Sedangkan di wilayah Indonesia bagian timur, cuaca diprakirakan hujan dengan intensitas ringan pada wilayah Ambon dan Jayapura, pada wilayah Manokwari cuaca di perkirakan berawan dan pada wilayah Ternate cuaca esok hari di perkirakan hujan dengan intensitas sedang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement