Kamis 07 Jul 2022 10:18 WIB

Fakultas Pertanian IPB dan USANA Foundation Targetkan 2.000 Garden Tower

Garden Tower  memiliki potensi yang luar biasa.

Red: Irwan Kelana
Departemen Arsitektur Lanskap (ARL), Fakultas Pertanian IPB University dan USANA Foundation menggelar seremoni proyek Garden Tower Tahap 2 (GT-2) di V-Garden Agrianita Sekolah Vokasi IPB University, Bogor,  Selasa  (5/7/2022).
Foto: Dok IPB University
Departemen Arsitektur Lanskap (ARL), Fakultas Pertanian IPB University dan USANA Foundation menggelar seremoni proyek Garden Tower Tahap 2 (GT-2) di V-Garden Agrianita Sekolah Vokasi IPB University, Bogor, Selasa (5/7/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR --Departemen Arsitektur Lanskap (ARL), Fakultas Pertanian IPB University dan USANA Foundation menggelar seremoni proyek Garden Tower Tahap 2 (GT-2). Kegiatan ini dilaksanakan di V-Garden Agrianita Sekolah Vokasi IPB University, Bogor,  Selasa  (5/7/2022). 

Kehadiran Garden Tower ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan nutrisi dan protein untuk keluarga. USANA Foundation menggandeng IPB University sebagai tim ahli dalam bidang pertanian. Program ini berjalan dari donasi yang berasal dari para Associates atau USANA Family.

Ketua Tim Ahli IPB University, Prof Hadi Susilo Arifin menyampaikan, Garden Tower merupakan satu terobosan teknologi yang dapat diaplikasikan secara sederhana di ruang-ruang publik. Menurutnya, hal ini dapat menjadi satu gerakan guna mewujudkan ketersediaan pangan. “Ketersediaan pangan yang cukup, bisa meningkatkan gizi dan kesehatan,” ujar Prof Hadi Susilo Arifin, Guru Besar Fakultas Pertanian, seperti dikutip dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Rabu (6/7) .

Dekan Sekolah Vokasi IPB University, Prof Arief Daryanto menyebut, kerja  sama IPB University dan USANA Foundation untuk mengenalkan Garden Tower merupakan langkah yang baik. Selama ini, IPB University telah memiliki Agribusiness and Technology Park (ATP) dan Lembaga Kawasan Sains dan Teknologi (LKST).

“Menurut saya,  Garden Tower ini memiliki potensi yang luar biasa. Harapannya dari kerja  sama ini, dua ribu Garden Tower dalam satu tahun bisa tercapai,” sebut Dr Arief Daryanto.

Shahnaz Natasja Haque yang turut hadir menceritakan, bahwa Garden Tower kini telah menjadi program dunia. Brand Ambassador USANA Foundation ini menuturkan, saat pertama diluncurkan di IPB University, Garden Tower di Fakultas Pertanian sukses dan mendapat apresiasi. 

“Intinya, pada saat keluarga USANA sehat, maka kita punya kewajiban untuk menyehatkan orang lain juga. Nah, itulah yang kami lakukan dari visi misi kami dengan Garden Tower itu,” terang Shahnaz. 

Terkait Garden Tower, General Manager USANA Indonesia, Charles Suhada menjelaskan, IPB University berperan memproduksi, mendistribusikan dan mengedukasi masyarakat mengenai program Garden Tower ini.

“Garden Tower bisa disosialisasikan dan  dibangun di lingkungan keluarga yang membutuhkan, keluarga pra sejahtera terutama untuk anak-anak belum memiliki gizi yang optimal. Harapannya, masyarakat bisa mendapatkan manfaat langsung secara berkesinambungan” harapnya.

Dekan Fakultas Pertanian IPB University, Prof Suryo Wiyono menambahkan, selain aspek nutrisi dan ekonomi, aspek lingkungan berupa kenyamanan merupakan hal yang penting bagi keluarga, terutama di perkotaan.

Di sela acara seremoni proyek GT-2, para Associates USANA berkesempatan ikut melakukan aktivitas perakitan Garden Tower, sampai dengan penanaman bibit sayuran seperti pakcoy, caisim, selada hijau, selada merah, bayam, kangkung, cabai, tomat dan seledri.

Acara dilanjutkan dengan kunjungan Tim USANA dan IPB University ke Kelurahan Babakan untuk melakukan berbagai aktivitas bersama warga sebagai bagian dari USANA World Service Week Program seperti kegiatan health check, sosialisasi healthy lifestyle dan aktivitas mewarnai gambar dan menanam bibit sayuran menggunakan botol bekas kemasan USANA bersama anak-anak balita.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement