Jumat 08 Jul 2022 05:45 WIB

Nigeria Terbitkan Alquran Terjemahan Suku Igbo Pertama

Penerjemah membutuhkan waktu lima tahun untuk menerjemahkan Alquran.

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah
Alquran (ilustrasi). Nigeria Terbitkan Alquran Terjemahan Suku Igbo Pertama
Foto: Dok Republika
Alquran (ilustrasi). Nigeria Terbitkan Alquran Terjemahan Suku Igbo Pertama

REPUBLIKA.CO.ID, IGBOLAND -- Terjemahan pertama Alquran, ke dalam bahasa Igbo telah diterbitkan di Nigeria.

 

Baca Juga

Dilansir BBC Afrika, sang penerjemah Muhammad Murtala Chukwuemeka mengatakan bahwa dia membutuhkan waktu lima tahun untuk menerjemahkan kitab suci Islam ke dalam bahasa Igbo dari bahasa Arab.

Chukwuemeka yang memeluk Islam pada 1989, mengatakan dia telah mencetak ratusan salinan Alquran di Igbo untuk menyebarkan pesan Allah kepada saudara-saudaranya di Igbo.

Nigeria, salah satu negara dengan komitmen agama paling tinggi di dunia, terbagi antara utara mayoritas Muslim dan selatan Kristen. Muslim dan Kristen, yang masing-masing merupakan 54 dan 45 persen dari 225 juta penduduk Nigeria, sebagian besar hidup dalam damai.

Igbo adalah bahasa asli utama orang-orang Igbo, sebuah kelompok etnis dari Nigeria Tenggara. Dilansir About Islam, Selasa (5/7/2022) banyak suku Igbo adalah orang Kristen, beberapa mempraktikkan versi sinkretis kekristenan yang bercampur dengan kepercayaan pribumi.

 

Alquran adalah wahyu dari Tuhan, pencipta alam semesta. Hanya ada satu Alquran, yaitu dalam bahasa Arab dan banyak terjemahan Alquran dalam beberapa bahasa. Ada beberapa terjemahan oleh penulis yang berbeda dalam bahasa yang sama, seperti bahasa Inggris.

https://aboutislam.net/muslim-issues/world/nigerian-publishes-first-igbo-translation-of-quran/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement