Jumat 08 Jul 2022 15:06 WIB

BI: Survei Konsumen Juni 2022 Indikasikan Optimisme Meningkat

Indeks Keyakinan Konsumen hingga Juni 2022 memperlihatkan perbaikan

Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Pedagang menjual sayur-mayur di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta. Survei Konsumen Juni 2022 mengindikasikan optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi tetap kuat. Hal ini terindikasi dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Juni 2022 sebesar 128,2 atau tetap berada pada level optimis atau indeks di atas 100), relatif stabil dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang sebesar 128,9.
Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso
Pedagang menjual sayur-mayur di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta. Survei Konsumen Juni 2022 mengindikasikan optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi tetap kuat. Hal ini terindikasi dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Juni 2022 sebesar 128,2 atau tetap berada pada level optimis atau indeks di atas 100), relatif stabil dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang sebesar 128,9.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Survei Konsumen Juni 2022 mengindikasikan optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi tetap kuat. Hal ini terindikasi dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Juni 2022 sebesar 128,2 atau tetap berada pada level optimis atau indeks di atas 100), relatif stabil dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang sebesar 128,9.

"Keyakinan konsumen yang tetap terjaga tersebut ditopang oleh menguatnya ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan terutama terhadap penghasilan dan lapangan kerja," kata Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono dalam keterangan pers, Jumat (8/7).

Secara kuartalan, rata-rata IKK selama periode kuartal II 2022 meningkat dibandingkan kuartal sebelumnya. Rata-rata IKK kuartal II 2022 tercatat sebesar 123,4, lebih tinggi dari 114,6 pada kuartal I 2022.

Peningkatan tersebut didorong oleh optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini. Baik terhadap aspek penghasilan, ketersediaan lapangan kerja maupun ketepatan waktu dalam membeli barang tahan lama.

Sejalan dengan meningkatnya optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini, ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan juga mengalami peningkatan pada semua aspek. Mulai dari ketersediaan lapangan kerja, kegiatan usaha, dan penghasilan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement