Jumat 08 Jul 2022 20:43 WIB

Jamaah Idul Adha Disarankan Gunakan Masker

Takmir Masjid Al Akbar juga mengimbau seluruh jamaah wudhu sejak dari rumah.

Red: Ratna Puspita
Ilustrasi. Takmir Masjid Nasional Al Akbar Surabaya menyarankan jamaah yang akan mengikuti shalat Idul Adha 1443 Hijriah tetap menggunakan masker sebagai upaya pencegahan Covid-19.
Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Ilustrasi. Takmir Masjid Nasional Al Akbar Surabaya menyarankan jamaah yang akan mengikuti shalat Idul Adha 1443 Hijriah tetap menggunakan masker sebagai upaya pencegahan Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Takmir Masjid Nasional Al Akbar Surabaya menyarankan jamaah yang akan mengikuti shalat Idul Adha 1443 Hijriyah tetap menggunakan masker sebagai upaya pencegahan Covid-19. Seluruh jamaah juga diimbau mengambil air wudhu sejak dari rumah.

Humas Masjid Nasional Al Akbar Helmy M Noor juga meminta jamaah membawa tas untuk menyimpan alas kaki, lalu berangkat ke masjid lebih pagi. Bagi suami istri, ia mengimbau untuk terlebih dahulu menentukan titik kumpul saat pulang agar tidak bingung saat selesai shalat.

Baca Juga

"Jumlah pintu masjid ada 45 unit dan ada nomor pintu luar dalam. Bagi suami istri (karena shaf terpisah) jika janjian ketemu usai sholat, sebaiknya menentukan titik pintu agar mudah," kata dia ketika dihubungi di Surabaya, Jumat (8/7/2022) malam.

Shalat Idul Adha 1443 Hijriyah di Masjid Al Akbar Surabaya berlangsung pada Ahad (10/7/2022) lusa, yang dimulai pada pukul 06.00 WIB. Imam shalat Idul Adha adalah Imam Besar Masjid Al Akbar KH Abdul Hamid Abdullah dan bertindak sebagai khatib adalah Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya Prof Akhmad Muzakki.

Sementara itu, shalat Idul Adha akan diikuti Plt Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak, jajaran Forkopimda dan masyarakat umum umat Islam. Kapasitas masjid untuk Shalat Idul Adha, baik lantai satu maupun dua adalah sebanyak 45 ribu jamaah."Tema ceramah adalah meraih sukses hidup lewat cermin Nabi Ibrahim, AS," kata dia.

Di sisi lain, sampai saat ini, takmir dan panitia shalat Idul Adha Masjid Al Akbar menerima dan membagi hewan kurban berupa sapi dan kambing. Hingga Kamis (7/7/2022) sore, panitia telah memperoleh 14 ekor sapi dan 30 ekor kambing.

Sebagai upaya antisipasi dari wabah penyakit mulut dan kuku (PMK), pada proses kedatangan, perawatan dan pemotongan hewan kurban akan disupervisi oleh Tim dari Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur beserta Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga Surabaya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement