Jumat 08 Jul 2022 22:48 WIB

Akademisi: NU Bisa Tularkan Contoh Baik di Tengah Kekacauan Dunia  

Ormas Islam NU dinilai bisa jadi role model untuk dunia

Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi Nahdlatul Ulama. Ormas Islam NU dinilai bisa jadi role model untuk dunia
Foto: ANTARA/M Ibnu Chazar
Ilustrasi Nahdlatul Ulama. Ormas Islam NU dinilai bisa jadi role model untuk dunia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Nahdlatul Ulama (NU) didorong dapat memegang peranan penting dalam membantu dan merawat nilai-nilai sosial di tengah transformasi digital yang berlangsung cepat di Indonesia.

"NU bisa memberikan warna dengan menjaga nilai, memberikan rekomendasi panduan konten. Jadi bisa mengawal masa disrupsi konten ini dan menjaga lebih ke nilai-nilai (sosial) di masyarakat," kata akademisi bidang komunikasi dari Universitas Gajah Mada (UGM) Nyarwi Ahmad, dalam diskusi "Menyonsong Satu Abad NU: Mencerdaskan Warga, Menata Kembali Peradaban di Era Digital" secara daring, Kamis (8/7/2022).

Baca Juga

Sejak adaptasi teknologi dipercepat sebagai imbas pandemi Covid-19, Indonesia pada 2021 akhirnya mencanangkan visi akselerasi transformasi digital nasional dengan target menjadi "digital nations". 

Berdasarkan data Hootsuite dan We Are Social pada awal 2022, Indonesia telah mencapai 204,7 juta orang atau meningkat 2,1 juta dari tahun sebelumnya.

Namun memang tak bisa dielak dalam prosesnya penggunaan platform digital khususnya media sosial dalam menayangkan konten-konten terkadang kurang mendidik dan akhirnya berpotensi buruk bagi masyarakat.

Misalnya dari yang paling sederhana, seperti kasus anak-anak remaja yang tiba-tiba memberhentikan truk yang melaju karena merasa tertantang dari konten-konten viral lainnya.

Ancaman lainnya seperti penipuan daring hingga perundungan siber pun ikut marak terjadi dan tentunya hal- hal itu perlu diatasi dengan regulasi yang tepat. 

Peran NU sebagai komunitas dapat menjadi mitra kolaborasi Pemerintah dalam hal mengatur transformasi digital ialah Kementerian Kominfo.

Berbasis organisasi agama komunitas seperti NU bisa memberikan warna baru untuk menjaga dan merawat nilai- nilai serta norma khas yang dimiliki Indonesia sejak dahulu.

Di samping berperan menjadi kolaborator dengan pemangku kepentingan, para anggota NU diharapkan bisa secara aktif memanfaatkan kanal-kanal digital atau akses digital lainnya di momentum transformasi digital untuk bisa menjadi "role model" di tengah kondisi dunia yang tidak pasti.

Dengan demikian, masyarakat tidak hanya di Indonesia tapi juga di luar negeri bisa meneladani hal-hal baik yang tentunya sejalan dengan ajaran agama.

"NU bisa jadi role model, karena dunia ini lagi kacau balau kan? Kita tahu konflik di Rusia-Ukraina, di Timur Tengah. Kadang orang luar iri lihat NU di Indonesia karena adem ayem, kita harus tunjukkan ke dunia, kalau kita bisa jadi role model," tutup Nyarwi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement