Sabtu 09 Jul 2022 08:15 WIB

Satai Kambing Bisa Empuk dan Bebas Bau Prengus, Ini Dia Rahasianya!

Satai kambing bisa alot dan bau prengus jika salah mengolahnya.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Salah satu olahan daging kambing, satai kambing. Daging kambing bisa bau prengus dan alot jika salah mengolahnya.
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Salah satu olahan daging kambing, satai kambing. Daging kambing bisa bau prengus dan alot jika salah mengolahnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Ingin bakar daging kambing hari ini? Executive sous chef dari The Sultan Hotel & Residence Jakarta, Eric Kusnadi, menyebut, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan agar satai kambing tidak bau prengus dan bisa empuk.

Agar daging kambing tidak bau prengus, Eric menyarankan untuk tidak membasuh daging dengan air. Setidaknya, jangan mencucinya secara berlebihan.

Baca Juga

"Kalau kotor kena pasir pas pemotongan, cukup diseka saja, jangan pakai air," kata Eric dalam acara upacara pembukaan promo kuliner Betawi "A Week in Batavia" di The Sultan Hotel & Residence Jakarta, dikutip Sabtu (9/7/2022).

Eric menjelaskan daging kambing bisa menjadi prengus jika terkena air. Selama ini, dia menerapkan metode pengolahan seperti itu dan berhasil dengan baik.

Bagaimana dengan daging yang alot? Eric mengatakan ada beberapa cara yang bisa dilakukan menghindari tekstur alot, misalnya menggunkan nanas parut, baking soda, atau jika ingin lebih sehat bisa memakai yoghurt.

"Itu bisa mengempukkan daging kambing," ujar Eric.

Menurut Eric, pemberian bahan-bahan tersebut mengubah sedikit cita rasa daging. Namun, hal itu tidak mempengaruhi rasa daging secara keseluruhan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement