Ahad 10 Jul 2022 08:37 WIB

Cara Membuat Baterai Tahan Lama Ini Terbukti Ampuh, Dijamin Gak Bikin Mati Kutu!

Baterai HP menjadi hal yang penting dipelihara agar umur HP makin panjang. Oleh karena itu, ketahui berbagai cara membuat baterai tahan lama.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cara Membuat Baterai Tahan Lama Ini Terbukti Ampuh, Dijamin Gak Bikin Mati Kutu!
Cara Membuat Baterai Tahan Lama Ini Terbukti Ampuh, Dijamin Gak Bikin Mati Kutu!

Semua orang pasti setuju bahwa HP atau smartphone sudah menjadi kebutuhan yang tidak bisa terpisahkan bagi masyarakat modern. Hampir semua aktivitas yang dilakukan setiap hari membutuhkan keberadaan perangkat elektronik yang praktis dan serba guna tersebut. 

Namun, karena sumber energinya berasal dari baterai, saat dayanya habis, kamu tidak akan bisa menggunakan perangkat tersebut sama sekali. Memang, saat ini banyak produk smartphone yang menjadikan besarnya kapasitas baterai sebagai daya tarik agar lebih memicu niat beli konsumen. Akan tetapi, sebesar apa pun kapasitas baterai dari sebuah HP, jika rutin digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama, kualitasnya juga akan tetap menurun.  

Tidak bisa dihindari, degradasi kapasitas baterai yang membuatnya makin cepat habis tersebut bisa dicegah atau diminimalkan. Caranya adalah dengan melakukan metode yang tepat saat melakukan pengisian daya pada baterai. Nah, buat yang penasaran, simak cara membuat baterai tahan lama berikut ini agar masa pakainya semakin panjang dan lebih awet saat digunakan.

Baca juga: 5 Tanda HP Perlu Diganti dan Tips Membeli HP

Jangan Gunakan HP saat Sedang Mengisi Daya

penggunaan hp

Penggunaan HP

Sudah bukan rahasia lagi bahwa menggunakan HP saat sedang di-charge atau diisi dayanya membuat usia baterai makin terkikis. Oleh karena itu, cara membuat baterai tahan lama pertama adalah usahakan untuk sama sekali tidak menggunakan HP, apalagi sampai berlebihan dan membuatnya panas, saat dengan mengisi daya baterainya. 

Tutup semua aplikasi yang aktif HP untuk memaksimalkan proses pengisian daya baterai dan tak menimbulkan dampak buruk terhadap masa pakainya. Bila perlu, hanya charge smartphone saat dalam kondisi mati agar baterai tidak sekaligus tersedot saat diisi ulang. 

Selain itu, usahakan untuk langsung mencabut ponsel dari colokan kabel charger-nya saat daya baterai HP sudah terisi penuh dan menunjukkan angka indikator baterai 100%. Agar lebih awet dan tahan lama, biasakan pula untuk mengisi ulang daya baterai saat indikatornya menunjukkan angka 20-80%. Hal tersebut dipercaya mampu memperpanjang masa hidup baterai dan mencegahnya menjadi boros.

Selalu Gunakan Charger atau Pengisi Daya yang Asli

charger hp

Charger HP

Cara membuat baterai tahan lama lainnya adalah dengan selalu menggunakan charger asli atau bawaan dari smartphone juga menjadi tips baterai tahan lama, lebih panjang umurnya, dan tidak gampang habis. Perlu diketahui, setiap jenis smartphone dan baterainya mampu menerima tegangan pengisian daya yang berbeda-beda. Nah, perbedaan tersebut sudah disesuaikan oleh perusahaan smartphone dengan memberikan charger yang memiliki tegangan sesuai dengan daya serap smartphone atau baterainya. 

Jika terlalu sering menggunakan kepala charger yang tidak sesuai, baterai akan menjadi lebih cepat rusak, bahkan melembung. Kalau sudah begitu, solusi satu-satunya adalah membeli baterai baru atau smartphone baru jika model baterainya merupakan baterai tanam yang tidak bisa dibongkar-pasang.

Aktifkan Mode Hemat Daya

hemat daya

Pengaturan Hemat Daya

Cara membuat baterai tahan lama lainnya adalah mengaktifkan mode hemat daya. Mode hemat daya atau daya rendah ini umumnya bisa ditemukan pada segala jenis smartphone. Saat diaktifkan, segala aktivitas pada sistem operasi smartphone akan dibatasi sehingga daya baterai yang digunakan menjadi makin kecil.

Sebagai contoh, mode hemat daya akan menghentikan sejumlah aplikasi yang bisa saja aktif pada sistem latar belakang, menurunkan kecerahan layar, mematikan koneksi internet, dan sebagainya. Fitur ini bisa sangat berguna saat baterai HP sudah menipis, tapi masih belum bisa menemukan tempat atau kesempatan untuk men-charge-nya. Jadi, agar HP tidak mati secara mendadak, aktifkan mode hemat daya ini. 

Hapus Aplikasi yang Tak Penting

Selayaknya komputer, smartphone sudah cukup canggih dan mampu mengoperasikan beberapa aplikasi sekaligus di satu waktu. Kamu bisa asyik menjelajah internet sambil mendengarkan musik dan sebagainya. Namun, perlu dipahami bahwa makin banyak aplikasi HP yang digunakan secara bersamaan, daya yang dibutuhkan juga makin besar.

Penyebabnya karena CPU ponsel akan bekerja makin keras dan memakan daya baterai lebih banyak. Hal serupa juga bisa terjadi saat smartphone terlalu banyak memiliki aplikasi yang tidak penting. Bisa saja aplikasi-aplikasi tersebut tetap aktif di sistem latar belakang. Jadi, walaupun tidak secara aktif digunakan, aplikasi tersebut tetap saja menyerap baterai dan membuatnya boros. 

Atur Tingkat Kecerahan Layar Serendah Mungkin

tingkat kecerahan hp

Tingkat Keceharan Layar

Tahukah kamu bahwa di antara banyak hal yang menguras daya baterai, layar menjadi salah satu yang paling tinggi? Jika melihat dari informasi penggunaan baterai yang terdapat pada pengaturan smartphone, layar biasanya berada di tingkat paling atas dari hal yang paling banyak menyedot daya baterai. Oleh sebab itu, agar usia pakai baterai menjadi lebih panjang, biasakan untuk mengurangi tingkat kecerahan pada layar smartphone. 

Manfaatkan fitur auto brightness agar smartphone mengatur tingkat kecerahan layar secara otomatis tergantung dari kondisi lingkungan sekitarmu dan menjadikan HP lebih hemat baterai. Tidak hanya itu, saat sedang tidak menggunakan HP, usahakan untuk mematikan layarnya agar baterai tidak cepat habis. Biar makin praktis, atur layar HP agar otomatis mati saat tidak digunakan selama 15 atau 30 detik.

Hindari Mengisi Baterai HP Semalam Suntuk

pengisian daya hp

Pengisian Daya HP

Tak sedikit orang yang memiliki kebiasaan mengisi daya baterai HP saat malam hari sembari tidur. Alasannya agar HP bisa langsung digunakan keesokan harinya saat bangun tidur. Terasa praktis memang, tapi kebiasaan seperti ini bisa membuat masa pakai baterai HP terus tergerus jika dilakukan dalam jangka panjang.

Coba bayangkan, waktu tidur kebanyakan orang adalah 8 jam. Padahal, mayoritas baterai HP akan terisi penuh saat dicharge selama 2 hingga 3 jam saja. Meskipun kebanyakan charger HP sudah dilengkapi dengan fitur menghentikan pengisian daya secara otomatis saat penuh, hal ini tetap saja berisiko membuat baterai tidak awet.

Kurangi Pemakaian Background Bergerak atau Interaktif

wallpaper hp

Wallpaper HP

Tak jarang pengguna smartphone yang memasang background dengan gambar bergerak atau animasi agar tampilannya tampak atraktif dan menarik. Tapi, pemakaian background atau screensaver seperti ini ternyata memangkas daya baterai yang setara dengan menonton film atau video animasi pada ponsel. Oleh karena itu, cara membuat baterai tahan lama adalah dengan mengganti penggunaan background bergerak ke wallpaper biasa saja atau sesuaikan dengan tema.

Nonaktifkan Mode Getar

mode getar

Mode Getar

Cara membuat baterai tahan lama yang terakhir adalah menonaktifkan mode getar pada ponsel. Fitur ini memang banyak dimanfaatkan oleh pengguna smartphone karena dapat menjadi tanda bahwa ada notifikasi, pesan, maupun panggilan telepon yang masuk. Alih-alih mengeluarkan suara atau nada dering, mode getar ini lebih banyak dipilih karena tidak terlalu berisik.

Akan tetapi, getaran atau vibrasi pada ponsel tersebut berasal dari motor yang cukup banyak mengambil daya baterai. Dengan kata lain, setiap kali smartphone bergetar, daya baterainya akan terkuras. Jadi, untuk memperpanjang usia baterai HP, kurangi penggunaan mode getar ini kecuali saat benar-benar dibutuhkan saja. 

Baca juga: Cara Telusuri HP Hilang, Jangan Dulu Panik!

Baterai Awet, Usia Smartphone Lebih Panjang

Baterai adalah salah satu bagian dari smartphone yang saat mengalami kerusakan, manfaat perangkat tersebut akan berkurang drastis. Bahkan, tak sedikit yang akan langsung membeli HP baru saat dirasa baterai di HP lama cepat habis dan tidak nyaman untuk digunakan. Oleh karena itu, usahakan untuk menjaga kualitas baterai HP dengan cara-cara di atas agar usia penggunaan perangkat tersebut menjadi makin panjang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement