Sabtu 09 Jul 2022 16:23 WIB

Shalat Id di JIS, Pemprov DKI Lakukan Pengaturan Lalu Lintas

Dishub DKI Jakarta menyiapkan armada transportasi publik untuk mobilitas masyarakat.

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Agus Yulianto
Foto aerial jamaah melaksanakan shalat Idul Fitri di Jakarta International Stadium (JIS)Jakarta. (Ilustrasi)
Foto: Republika/Thoudy Badai
Foto aerial jamaah melaksanakan shalat Idul Fitri di Jakarta International Stadium (JIS)Jakarta. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, mengatakan, pihaknya telah menyiapkan rute kedatangan atau kepulangan masyarakat yang hendak shalat Id di Jakarta International Stadium (JIS). Pengaturan lalu lintas dengan menyiapkan armada transportasi publik itu, dilakukan demi memudahkan mobilitas masyarakat.

“Masyarakat tidak perlu khawatir dan bingung, kami sudah menyiapkan petugas untuk pengaturan parkir dan drop off,” kata Syafrin dalam keterangannya, dikutip Sabtu (9/7).

Dia menambahkan, pengaturan parkir dan drop off dilakukan di dalam area stadion maupun luar. Karena itu, dia mengimbau agar masyarakat bisa mengikuti petunjuk petugas di lapangan demi kelancaran arus lalu lintas.

Berdasarkan pemaparannya, ada delapan kantong parkir yang dapat digunakan di dalam area JIS dan sekitar JIS, yakni dalam stadion, parkir timur satu JIS, parkir timur dua JIS, parkir sepeda ramp timur, ITF, Taman BMW, Rukan Nusantara, dan parkir Sepeda Motor Ramp Barat. Di lokasi parkir ini, tidak disediakan shuttle bus menuju JIS dan sebaliknya (PP) karena jarak ke lokasi salat cukup dekat. 

Selanjutnya, ada lima kantong parkir di sekitar JIS yang akan dilayani oleh shuttle bus sekolah, yaitu di RSPI Soeroso, Universitas 17 Agustus 45, Graha YKI, D'Arcici Hotel dan Ruko Sunter Nirwana. Selain itu, disiapkan lokasi parkir yang bersifat tambahan dan akan dilayani oleh shuttle bus Transjakarta, yakni di Ancol Karnaval dan C3 (belakang rusun Bandar Kemayoran). Shuttle bus akan beroperasi mulai pukul 04.30 – 10.00 WIB. Penjemputan kepulangan jamaah dengan shuttle bus dilakukan melalui Zona Selatan JIS (Pintu 5).

“Diharapkan masyarakat menyesuaikan waktu perjalanan agar bisa sampai di lokasi tepat waktu. Syarat yang sama juga berlaku setelah acara selesai untuk kepulangan kembali ke lokasi-lokasi parkir,” terang Syafrin.

Untuk melayani jemaah salat Ied, Transjakarta mengoperasikan armada bus layanan reguler menuju JIS dari lokasi keberangkatan sejak pukul 05.00 WIB berikut ini: 1. Transjakarta JIS 014 (Senen - JIS); 2. Transjakarta JIS 003 (Harmoni - JIS); 3. Non BRT 10K (Tanjung Priok – Senen via Taman BMW); 4. JAK 77 (Tanjung Priok – Jembatan Hitam)

Selain itu, Dishub DKI Jakarta juga akan menerapkan pembatasan lalu lintas umum menuju JIS pada pukul 04.30 - 10.00 WIB, Minggu (10/7). Kendaraan yang boleh melintas adalah angkutan umum, jemaah salat Ied dan warga yang tinggal di sekitar area JIS. 

Penutupan akan ada di 3 titik lokasi, yaitu: a. Simpang perlintasan bidang kereta api (KA) di Jl Sunter Permai Raya – Jl RE Martadinata; b. Simpang Jl Sunter Permai Raya–Jl Bisma Raya; c. Simpang Jl. Danau Sunter Barat – Jl. Danau Sunter Utara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement