Sabtu 09 Jul 2022 22:15 WIB

Masjid Raya Bandung Siapkan Alun-Alun Antisipasi Jamaah Sholat Idul Adha Membeludak

Pada Sholat Idul Fitri lalu, jamaah membeludak hingga ke Alun-Alun Bandung.

Red: Ani Nursalikah
Petugas membersihkan lantai di area Masjid Raya Bandung (MRB), Jalan Dalem Kaum, Kota Bandung, Ahad (1/5/2022). Masjid Raya Bandung Siapkan Alun-Alun Antisipasi Jamaah Sholat Idul Adha Membeludak
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Petugas membersihkan lantai di area Masjid Raya Bandung (MRB), Jalan Dalem Kaum, Kota Bandung, Ahad (1/5/2022). Masjid Raya Bandung Siapkan Alun-Alun Antisipasi Jamaah Sholat Idul Adha Membeludak

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Masjid Raya Bandung menyiapkan area sekitar masjid hingga alun-alun untuk mengantisipasi jamaah membludak saat Sholat Idul Adha 1443 Hijriyah atau 2022. Ketua DKM Masjid Raya Bandung KH Ayi Hasyim mengatakan antisipasi itu disiapkan mengingat pada pelaksanaan Sholat Idul Fitri sebelumnya, jamaah sangat banyak hingga ke Alun-alun Bandung. 

"Jadi itu (Idul Fitri) menjadi pengalaman, kita membuat rencana juga apabila jamaah tidak tertampung di masjid, maka ada rencana selanjutnya, salah satunya pemberdayaan ruang-ruang di sekitar masjid," kata Ayi, Sabtu (9/7/2022).

Baca Juga

Nantinya para petugas dari DKM bakal disiagakan untuk melakukan pengaturan jamaah. Untuk itu, ia pun mengimbau kepada masyarakat yang akan mengikuti Sholat Id di Masjid Raya Bandung agar tiba ke lokasi sebelum pukul 06.00 WIB, sebelum mendekati pelaksanaan sholat.

Selain itu, ia meminta kepada masyarakat agar membawa perlengkapan sholat dari tempatnya masing-masing. Jamaah juga diminta agar tetap menjaga protokol kesehatan.

"Diharapkan jamaah tetap menjaga protokol kesehatan, minimal menggunakan masker walaupun situasinya sekarang seperti ini (landai), tapi berjaga-jaga merupakan sesuatu yang bijak," kata dia.

Sholat Idul Adha tersebut bakal dilaksanakan pada Ahad (10/7/2022). Masjid Raya Bandung tercatat bisa menampung hingga 12 ribu lebih jamaah.

Sedangkan pada Sholat Idul Fitri pada 2 Mei 2022, jamaah yang sholat di Masjid Raya Bandung membeludak. Sehingga jamaah pun menggunakan area alun-alun meski safnya bercampur antara laki-laki dan perempuan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement