Ahad 10 Jul 2022 08:25 WIB

Ini Kata Elena Rybakina Usai Cetak Sejarah di Grand Slam Wimbledon

Elena Rybakina menjadi petenis pertama asal Kazakhstan yang menjuarai Wimbledon.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Petenis Kazakhstan Elena Rybakina (kiri) berfoto bersama Ons Jabeur yang dikalahkannya di final tunggal putri WImbledon 2022.
Foto: EPA-EFE/TOLGA AKMEN
Petenis Kazakhstan Elena Rybakina (kiri) berfoto bersama Ons Jabeur yang dikalahkannya di final tunggal putri WImbledon 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Petenis Elena Rybakina mencetak sejarah sebagai petenis pertama asal Kazakhstan yang berhasil memenangkan Grand Slam Wimbledon. Walaupun tanpa ekspresi selepas mengalahkan Ons Jabeur di final, Sabtu (9/7/2022), ia menggambarkan perasaan itu sebagai sesuatu yang belum pernah dia rasakan sebelumnya. Di final Wimbledon, Rybakina bangkit dari ketinggalan satu set untuk mengalahkan petenis Tunisia Ons Jabeur 3-6, 6-2 dan 6-2 di lapangan Centre Court.

Rybakina jelas merasakan ketegangan di awal Grand Slam pertamanya dan Jabeur memanfaatkannya untuk memenangkan set pertama.  Di sisa pertandingan, Rybakina mengklaim dua kali break di masing-masing dari dua set berikutnya dan tidak kehilangan satu pun servis gamenya untuk menyelesaikan kemenangan comeback yang besar.

Baca Juga

“Saya sangat gugup sebelum pertandingan, selama pertandingan dan saya senang itu selesai,” kata Rybakina di lapangan. “Sungguh, saya tidak pernah merasakan hal seperti ini. Saya ingin berterima kasih kepada penonton atas dukungannya, sungguh luar biasa dua pekan ini."

Ia juga mengucapkan selamat kepada Jabeur atas pertandingan yang hebat pencapaian petenis Muslim Arab tersebut. "Saya pikir Anda adalah inspirasi bagi semua orang. Anda memiliki permainan yang luar biasa. Kami tidak memiliki seseorang seperti ini dalam tur dan sangat menyenangkan bermain melawan Anda," kata Rybakina seusai laga.

Tak sangka juara 

Rybakina tiba di Wimbledon dengan rekor 1-2 di lapangan rumput dan dia tidak dianggap sebagai favorit teratas untuk gelar tersebut.

Rybakina mungkin tidak tampil mengesankan di turnamen-turnamen menjelang Wimbledon tetapi dia hanya kalah total dua set dalam perjalanannya untuk memenangkan Grand Slam pertamanya di The Championships. Dalam perjalanan untuk memenangkan Wimbledon, Rybakina juga mengalahkan dua juara Grand Slam, Simona Halep dan Bianca Andreescu.

"Memang benar, saya tidak menyangka akan berada di pekan kedua Grand Slam di Wimbledon. Menjadi pemenang saja sudah luar biasa. Saya tidak punya kata-kata untuk mengatakan betapa bahagianya saya," kata Rybakina.

Biodata Elena Rybakina

Lahir: 17 Juni 1999

Usia: 23 

Kebangsaan: Kazakhstan 

Peringkat WTA: 23 

Unggulan: 17 Baca 

Dilahirkan di Moskow, Rusia, tetapi pindah kewarganegaraan menjadi warga negara Kazakhstan pada 2018. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement